Begini Panduan Google Classroom untuk Siswa dalam Bentuk PDF yang Mudah dan Gratis dengan 4 Cara

Cara menghapus kelas di Google Classroom

Jadiberkah.com – Belum banyak yang paham kalau teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan saat ini sudah sangat pesat sekali, salah satunya hadir panduan Google Classroom untuk siswa dalam bentuk PDF. Yang mana dianggap lebih membantu dan juga bisa dipahami dengan cepat oleh siswa.

Bahkan untuk di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, kebutuhan akan teknologi sudah menjadi kebutuhan utama. Utamanya bagi para pengajar yang beberapa tahun belakangan ini harus memutar otak untuk memberikan pengajaran pada siswa mereka di masa pandemi. Dan solusi yang dianggap paling membantu adalah dengan Google Classroom untuk para siswa.

Lalu, bagaimana cara atau panduan membuat Google Classroom untuk siswa dengan menggunakan PDF? Penasaran bukan? Yuk simak ulasannya sampai selesai dan temukan semua hal baru di bawah ini!

Panduan Membuat Google Classroom untuk Siswa dalam Bentuk PDF 

Siswa dapat dengan mudah mendapatkan panduan Google Classroom untuk siswa PDF di internet. Ada sedikitnya 4 cara yang bisa dilakukan siswa untuk bisa mempelajarinya. Inilah 4 hal yang bisa mengantarkan Anda menemukan panduan Google Classroom berformat PDF dengan gratis.

Baca Lainya:  4 Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan, Berikut Dengan Pengolahannya

google classroom untuk siswa

Menelusuri Laman Google dengan Menambahkan PDF pada Ujung Keyword 

Cara yang pertama ini dianggap paling mudah dan tergolong cepat. Anda hanya perlu mengetikkan informasi yang dibutuhkan dengan menambahkan kata PDF pada akhir kalimat. Secara ajaib, akan ada banyak bahan yang bisa Anda baca maupun unduh secara gratis.

Namun, ada sedikitnya dua kekurangan dari cara ini. Yang pertama, masih bisa ditemukan sumber yang tidak utuh, sehingga menyulitkan Anda untuk memasukkannya sebagai referensi. Kedua, Anda bisa dibawa oleh website yang harus menuju halaman iklan untuk bisa mengunduh berkasnya.

Mencari Jurnal atau Ebook Berdasarkan Keyword di Penelusuran Google 

Selain menyelipkan kata PDF, Anda juga bisa memasukkan kata jurnal atau ebook ke dalam keyword penelusuran Google. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menemukan jurnal ilmiah tertentu. Bahkan Anda bisa mendapatkan buku elektronik yang memang terbuka aksesnya untuk dibaca publik.

Baca Lainya:  Apa Pekerjaan Setelah Lulus SMK? Ini Daftar Pekerjaan yang Bisa Anda Pilih!

Kekurangan dari cara yang berikut ini masih sama seperti mengetikkan PDF di akhir kalimat. Anda akan menemukan bahan yang tidak lengkap atau bahkan ilegal. Jadi sangat disarankan untuk berhati-hati saat mencari bahan tugas.

Mengunjungi Situs Kumpulan Repository

Ini adalah metode paling aman dan sering digunakan. Anda bisa mengunjungi situs-situs resmi yang legal untuk mengunduh jurnal apapun. Salah satu situs terkenal adalah Researchgate.com yang merupakan platform komunitas peneliti dan open akses ke publik.

Sayangnya, tidak semua jurnal di sini bisa langsung terbuka aksesnya. Ada beberapa yang dibutuhkan submit karya terlebih dahulu untuk menikmati fitur lainnya yang tidak terbuka untuk umum. Karena memang platform ini adalah komunitas.

Membuka Website dari Lembaga Pendidikan

Anda bisa menemukan ebook atau jurnal penelitian tertentu langsung dari sumbernya. Biasanya universitas memiliki repository yang bisa diakses oleh publik. Ini bisa Anda manfaatkan untuk mempelajari sesuatu yang ingin dipelajari, termasuk tentang Google Classroom. 

Tidak semua penelitian bisa terbuka untuk umum. Banyak yang harus diakses menggunakan identitas mahasiswa di kampus tersebut. Meski begitu, banyak juga yang memberikan aksesnya secara gratis untuk dijangkau siapapun.

Baca Lainya:  Setting Kamera DSLR Untuk Wedding

Pada dasarnya masih banyak cara untuk menemukan panduan Google Classroom untuk siswa PDF. Namun, 4 cara di atas bisa menjadi hal yang memudahkan Anda untuk mendapatkannya secara legal. Hanya perlu mengandalkan akses internet dan perangkat elektronik.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.