Jangan Panik! Play Store Hilang Tiba-Tiba Kembalikan dengan 3 Cara Ini

Jadiberkah.comPlay Store hilang tiba-tiba tidak hanya membuat pengguna Android panik, tapi juga tidak segan untuk melakukan berbagai cara agar bisa mengembalikan salah satu fitur paling penting yang ada pada perangkat pintar tersebut.

Sebab mau bagaimana juga, fitur Play Store yang ada pada Android memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah mengunduh aplikasi-aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna Android untuk melengkapi kebutuhannya, sebut saja seperti aplikasi game, aplikasi edukasi, aplikasi kesehatan, dan lain macamnya.

Selain itu, meskipun sudah ada aplikasi bawaan dari Android, tetap saja play store selalu menjadi pilihan. Fitur bawaan Google ini seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya memiliki manfaat dan kegunaan yang dibutuhkan oleh pengguna ponsel pintar seperti Android.

Tapi saat Play Store hilang tiba-tiba, sebaiknya Anda khawatir dan panik dahulu. Karena di ulasan kali ini, kami akan memberikan solusi yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi fitur pengunduh dan menginstall aplikasi tersebut dengan mudah. Penasaran bukan dengan cara-caranya? Yuk, simak sampai habis ulasannya di bawah ini!

Baca Lainya:  Cara Memasang Pompa Air Satelite Dengan Mudah

Cara Mengatasi Play Store Hilang Tiba-tiba

play store hilang

Banyak hal yang bisa dilakukan dengan adanya aplikasi Play Store yang ada di Android. Karena itu, Play Store hilang tiba-tiba bisa menjadi masalah tersendiri bagi penggunanya. Tapi jangan panik dulu yah, sebab hal tersebut masih bisa diatasi dengan 3 cara yang mudah.

Penasaran bagaimana cara untuk mengatasinya? Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Melakukan Restart

Ini berguna manakala smartphone Anda sedang ada bug sehingga tidak bisa menampilkan beberapa aplikasi. Cara yang bisa dilakukan dengan restart hp adalah sebagai berikut

  1. Menekan lama tombol power.
  2. Pilih menu Restart.
  3. Tunggu smartphone mati, diamkan beberapa menit.
  4. Aktifkan smartphone kembali dengan menekan lama tombol power.

Jika tidak parah, maka cara ini sudah cukup untuk mengembalikan Play Store yang hilang secara tiba-tiba. Namun, bila masih belum berhasil, Anda bisa mencoba dua cara lain di bawah ini.

Memulihkan smartphone

Ini mirip seperti restart, bedanya semua data akan ada kemungkinan hilang. Sehingga semua aplikasi dan data yang ada akan dikembalikan ke mode pabrik. Ini akan mengembalikan aplikasi Play Store sebagai bawaan smartphone.

Baca Lainya:  Cara Memindahkan File Dari Telegram Dengan Cepat

Supaya tidak salah, Anda bisa mengunjungi konter terdekat untuk meminta bantuan memulihkan ulang smartphone. Meski bisa dilakukan sendiri, dengan bantuan ahli bisa meminimalisir kerusakan.

Mengunduhnya Melalui Website

Jika restart tidak bisa memulihkan aplikasi dan Anda tidak ingin kehilangan semua data di smartphone, Anda bisa mengunduhnya di website. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan izin smartphone untuk mengunduh aplikasi di luar Google Play Store. Setelah itu lanjut melakukan langkah berikut.

  1. Buka halaman Google di browser apa saja.
  2. Ketik Play Store di kotak pencarian.
  3. Unduh aplikasinya dan lakukan penginstalan.

Cara ini tergolong hal terakhir yang bisa dilakukan. Kekurangannya adalah virus bisa dengan mudah menjangkit ponsel Anda.

Akibat dari Play Store yang Hilang

Tentu saja ini akan menyulitkan pengguna. Pasalnya Anda jadi tidak bisa melakukan update aplikasi maupun mengunduh aplikasi baru. Bahayanya, aplikasi yang tidak diperbarui akan mengalami kadaluarsa sehingga tidak bisa digunakan.

Tidak heran jika banyak yang melakukan pemulihan untuk mengembalikan Play Store yang hilang. Anda pun bisa melakukannya dengan tiga cara tadi. Tanpa perlu khawatir lagi akan pengoperasian smartphone yang terganggu. 

Baca Lainya:  Cara membuat Link tombol chat langsung terhubung ke Whatsapp pada web toko online

Itulah 3 cara yang bisa membantu Anda untuk memulihkan saat Play Store hilang tiba-tiba. Anda bisa melakukan update aplikasi yang dibutuhkan manakala Play Store sudah terpasang. Aktivitas digital Anda akan kembali pulih juga.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.