Nggak Pake Ribet! Ini 3 Cara Membuat Google Form Untuk Kuesioner

membuka google spreadsheet

Jadiberkah.com Tahukah Anda kalau ternyata cara untuk membuat Google Form yang akan dibuat untuk kuesioner sudah sangat lazim digunakan pada era pandemi ini. Kondisi dimana orang-orang dipaksa dan dituntut untuk tidak melakukan tatap muka bila tidak terpaksa.

Dengan memanfaatkan format yang sudah disediakan oleh Google, data yang dibutuhkan oleh lembaga-lembaga yang Anda tempati saat ini akan lebih cepat terkumpul bila dibandingkan dengan cara tradisional. Intinya, dengan menggunakan fitur Google ini dapat memudahkan pekerjaan Anda tanpa lagi harus bingung bagaimana untuk memulainya.

Seperti ulasan menarik yang sudah kami simpulkan untuk Anda yang ingin membuat form untuk kuesioner dari Google. Penasaran bagaimana langkah-langkahnya? Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

Cara Membuat Google Form Untuk Kuesioner

Cara membuat Google form untuk kuesioner sangatlah mudah. Bahkan Anda dapat langsung membuatnya menggunakan HP, asakan memiliki aplikasinya. Meskipun jauh lebih mudah mengerjakannya menggunakan perangkat laptop atau PC.

membuat google form

Membuat Google Form Melalui Google Drive

Untuk menggunakan fasilitas ini, Anda harus memiliki email default by gmail. Jadi,sebelum membuatnya, pastikanlah surat elektronik yang akan dipakai adalah gmail.

  1. Bukalah Google Drive pada perangkat yang akan digunakan
  2. Ketiklah menu “New” yang ada pada sebelah kiri atas layar Google Drive tersebut.
  3. Setelahnya, akan muncul beberapa pilihan layanan Google. Pilihan opsi “Google Forms”
  4. Selanjutnya tinggal menuliskan apa yang Anda butuhkan pada form tersebut.
Baca Lainya:  Cara Mudah Membuat Jadwal Meeting di Google Calendar di Laptop dan HP yang Gratis dan Mudah

Setelah selesai, Anda tinggal membagikannya pada mereka yang akan mengisinya. Bagikanlah link Google form tersebut. Dengan demikian, mereka dapat mengisinya secara langsung menggunakan telepon genggam.

Membuat Google Form Melalui Link Google

Membuat Google Form juga dapat dilakukan melalui website resmi docs.google.com. Setelahnya, Anda langsung dapat membuatnya melalui situs tersebut. Ikutilah langkah berikut untuk membuatnya.

  1. Kunjungilah laman yang telah disebutkan di atas
  2. Pilihlah menu Google Form yang telah disediakan
  3. Lanjutkan dengan memilih Blank Form atau formulir kosong. Anda juga dapat menggunakan template yang sudah disediakan pada laman tersebut,
  4. Jika sudah memilih, Anda akan menuju halaman editor untuk melakukan penyesuaian formulir.
  5. Selesaikan pembuatan formulir tersebut sesuai dengan kebutuhan.
Baca Lainya:  Cara Mudah Menambahakan Metode Pembayaran Pada Binance

Setelah semua selesai, Anda tinggal membagikannya pada partisipan yang dimaksud. Dengan mudah mereka akan menjawab pertanyaan yang Anda berikan.

Membuat Google Form Menggunakan Telepon Genggam

Seperti yang sudah dikatakan bahwa membuat Google Form pun dapat melalui telepon genggam. Lebih mudah dibuat, karena Anda bisa merancangnya di mana saja. Ikutilah langkah berikut untuk membuatnya.

  1. Bukalah peramban internet pada perangkat telepon genggam Anda.
  2. Lanjutkan ke form.google.com di browser.
  3. Setelah form terbuka,  berilah judul di formulir Anda. Isilah judul form yang berada pada bagian atas formulir tersebut. Lengkapilh dengan deskripsi judul.
  4. Isilah kolom yang disediakan untuk membuat pertanyaan.
  5. Anda dapat memilih tipe jawaban yang diinginkan. Tersedia beberapa pilihan, yaitu jawaban pendek, bentuk paragraf, PG, dan lain sebagainya.
  6. Jika terdapat pertanyaan yang wajib dijawab, berilah tanda “Required” pada pertanyaan tersebut.
  7. Untuk menambah pertanyaan. kliklah tanda “+”.
  8. Setelah selesai, kliklah menus settings.

Anda dapat langsung membagikannya melalui email atau memberikan link pada calon partisipan yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca Lainya:  Tutorial Deposit Isi Saldo Dana Sangat Mudah

Cara menggunakan Google form untuk kuesioner di atas sangat mudah dan dapat dilakukan tidak hanya berupa kuesioner. Google form tersebut juga dapat digunakan untuk melaksanakan tes secara online.

Semoga ulasannya bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang tepat untuk Anda maupun orang-orang terdekat. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.