Begini Langkah Tepat Cara Buat Email Baru di HP dan Laptop, Gak Pake Ribet!

Jadiberkah.com – Email kini sudah menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh banyak orang, utamanya pengguna ponsel pintar seperti Android dan iPhone. Bila alamat email hilang, maka Anda harus buat email baru agar perangkat bisa kembali digunakan.

Untuk langkah-langkah membuat email yang baru tidak terlalu sulit, bahkan caranya terbilang cukup mudah karena tidak jauh berbeda dengan saat Anda membuat alamat email untuk pertama kali.

Penasaran bukan dengan langkah-langkah membuat email yang baru di perangkat HP dan laptop? Yuk, simak ulasannya sampai selesai, kemudian cermati dengan baik hal apa saja yang dibutuhkan untuk membuat email baru baik itu di perangkat smartphone maupun laptop.

Cara Buat Email Baru di HP dan Laptop

Tidak perlu pusing -pusing lagi kini dengan pertanyaan bagaimana cara buat email baru di hp dan laptop. Hal ini karena Anda dapat membuat keduanya pada perangkat tersebut. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan.

buat email baru

Lalu bagaimana caranya? Berikut cara-cara atau langkah yang bisa Anda ikuti, antara lain:

Baca Lainya:  Mengatasi pompa air tidak keluar air saat musim kemarau

Cara Membuat Email di HP

Tidak perlu khawatir jika perangkat elektronik yang dimiliki hanya HP, sebab bisa juga membuatnya menggunakan telepon genggam ini. Simak penjelasn berikut untuk membuatnya.

  1. Bukalah perangkat Anda pada “Setting”. Lanjutkan dengan “Add Account”. Pilihlah pilihan other yang ada pada tampilan daftar aplikasi email Anda.
  2. Masukkanlah alamat email yang akan Anda gunakan. Selanjutnya klik “Next”.
  3. Pilihlah jenis dari berbagai incoming server yang akan digunakan. Anda dapat memilikinya antara POP3 atau IMAP.
  4. Masukkanlah password email yang akan Anda gunakan.
  5. Lihat kembali pengaturan incoming server yang telah Anda pilih. Isilah dengan detail username dengan alamat email yang akan digunakan. Password dengan kata kunci yang akan digunakan pada akun email baru tersebut. 
  6. Setelah selesai, klik tanda ”Next”
  7. Selanjutnya isilah dengan cermat “Incoming Server” sesuai yang ada pada HP.
  8. Selesai. 

Membuat Email di Laptop

Selain di telepon genggam, Anda juga dapat membuat email pada laptop. Caranya tidak terlalu sulit. Cukup ikutilah langkah yang akan dijabarkan berikut dibawah ini, dan dalam sekejap email baru Anda sudah dapat digunakan.

  1. Bukalah halaman https://www.google.com/gmail/ pada peramban yang terinstal di laptop Anda.
  2. Tekanlah tulisan “Buat Akun” yang tertera pada bagian kanan atas.
  3. Isilah keterangan yang diperlukan antara lain nama depan, nama belakang dan alamat email yang Anda inginkan. Gunakanlah kombinasi huruf, angka, dan tanda titik untuk alamat email tersebut. Penggunaan tanda tersebut berfungsi sebagai pembeda.
  4. Masukkanlah password yang Anda inginkan. Lakukanlah konfirmasi password sesuai dengan notifikasi yang muncul. Jangan lupa isi dengan password yang baru saja dibuat.
  5. Kemudian, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon agar dapat melakukan verifikasi. Fungsinya sebagai pengamanan, jika email Anda akan disalah gunakan.
  6. Selanjutnya adalah memasukan data pribadi yang diperlukan yaitu tanggal, bulan, dan tahun kelahiran.
  7. Pada layar kemudian akan tampil pilihan jenis kelamin. Klik “Next”.
  8. Akan muncul halaman “Privasi dan Persyaratan”. Gulirkan ke bawah untuk mengklik setuju atas persyaratan layanan tersebut.
  9. Dengan menyetujuinya, maka secara otomatis email Anda akan siap untuk digunakan sebagai media komunikasi. 
Baca Lainya:  3 Cara Edit Telegram Untuk Berbagai Profil

Itulah 2 cara membuat email yang Anda butuhkan untuk keseharian. Anda kini tak perlu pusing-pusing lagi jika ada pertanyaan mengenai bagaimana cara buat email baru di hp dan laptop.

Anda cukup ikuti saja langkah-langkahnya dan selesai prosesnya dalam sekejap. Bahkan Anda juga bisa mengajari teman atau kerabat lainnya untuk membuat email dengan mudah di smartphone atau komputer.

Baca Lainya:  Apakah Membuat Google Form Gratis? Dan Dimana Letak Google Form? Cari Tahu Yuk!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.