Bagaimana Langkah Langkah untuk Memulai Google Spreadsheet? Yuk Simak Caranya!

langkah untuk memulai Google spreadsheet

Jadiberkah.com Google Docs adalah salah satu aplikasi web bawaan Google yang sangat membantu dalam pekerjaan kita, salah satunya mengelola data. Ini bisa didapatkan melalui fitur Google Spreadsheet. Apakah sudah tahu, langkah langkah untuk memulai Google spreadsheet?

Cukup siapkan internet yang lancar, kemudian buat di Google Drive dengan memilih fitur Spreadsheet. Data siap dimasukkan dan diinputkan, kemudian bisa dishare ke yang lain atau dikerjakan secara bersama. 

Bagaimana Memulai Aplikasi Google Spreadsheet

Sebelum bicara soal bagaimana langkah langkah untuk memulai Google Spreadsheet, kita pahami dulu cara cara untuk memulai aplikasi ini. Yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan aplikasi ini dalam ponsel Anda. Karena biasanya tidak ikut serta disediakan oleh Google sebagai bagian dari settingan ponsel. Jadi bukan playstore ponsel Anda dan install dulu aplikasi Google Spreadsheet.

Ini berbeda bila Anda menggunakan desktop seperti pada laptop atau unit komputer. Karena begitu Anda membuka Google Chrome dan mengaktifkan akun google Anda. Anda bisa dengan segera mengakses aplikasi web ini langsung dari halaman utama Google Chrome.

Baca Lainya:  Berikut Langkah Memasukkan Data ke Google Sheet, Langkahnya Mudah dan Praktis

Yang perlu Anda lakukan adalah membuka halaman utama Google Chrome, kemudian klik sudut kanan Anda dimana terdapat logo titik 9. Di sana Anda akan menemukan deretan aplikasi layanan bawaan dari Google. Scroll sampai Anda menemukan logo kotak hijau bertulis Spreadsheet.

Langkah Langkah Untuk Memulai Google Spreadsheet

Sebenarnya, ada banyak kesamaan antara aplikasi Google Spreadsheet dengan program Ms Excel yang biasa Anda gunakan untuk pengolahan data dari Microsoft. Sejak awal, Google cukup menyadari bahwa Ms Excel merupakan program data yang paling familiar di masyarakat. Sehingga menjadikan aplikasi bawaan mereka memiliki banyak kesamaan.

Tidak hanya untuk memudahkan Anda menggunakannya. Tetapi juga supaya mudah bagi Anda memindahkan data dari  file Ms Excel menjadi file online dalam Google Spreadsheet. Tentu saja, dengan Anda pindahkan dalam format Google Spreadsheet, file akan tersimpan dalam Google Drive yang leluasa Anda akses dimanapun dan bebas Anda bagikan dengan siapapun sesuai kebutuhan.

Untuk langkah langkah untuk memulai Google Spreadsheet, Anda harus membuka dulu lembar kerja pada aplikasi. Caranya dengan mengklik tanda plus berwarna warni yang ada di sudut bawah kanan Anda.

Baca Lainya:  Catat tanggal pendaftaran kartu prakerja gelombang 10 dibuka

Layar akan menampilkan lembar kerja berkolom yang siap Anda kerjakan seperti lazimnya pengerjaan pada lembar kerja kolom. Seluruh formula penulisan pada lembar kerja kolom berjajar rapi pada sisi atas kolom. Pada sudut kiri atas, Anda akan menemukan tulisan Untitled Spreadsheet yang artinya spreadsheet belum berjudul. Klik pada tulisan dan masukan judul dari file yang Anda buat.

File dalam Google Docs tidak lagi harus Anda simpan seperti prosedur dalam desktop. Karena secara otomatis file akan tersimpan ketika Anda menutup file tersebut . 

Yang perlu Anda lakukan hanya menentukan dengan siapa saja file tersebut akan Anda bagi, apakah hanya untuk Anda pribadi, tim kerja khusus atau dengan umum. Pengaturan ini bisa Anda lihat pada kotak hijau di sudut kanan atas Anda bertulis share atau bagikan.

Itulah Langkah langkah untuk memulai Google Spreadsheet yang perlu Anda pahami ketika Anda pertama kali menggunakan aplikasi ini. Mudah dan cukup ringkas bukan cara yang sudah kami rangkum untuk Anda. Namun, sebelum Anda mengakses aplikasi ini jangan lupa untuk menyambungkannya dengan internet yah! Karena semua fitur yang ada di dalam Google Spreadsheet hanya bisa diakses bila terkoneksi dengan internet. Selain itu juga agar data aman, sebab sudah tersimpan secara otomatis.

Baca Lainya:  Bagaimana Cara Mengedit Spreadsheet dengan Baik? Lakukan 2 Hal Mudah Ini

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.