Langkah-Langkah Membuka Google Spreadsheet, Begini Penjelasannya!

Langkah-langkah membuka Google Spreadsheet

Jadiberkah.comLangkah-langkah membuka Google Spreadsheet terbilang cukup mudah dan sederhana, asalkan koneksi internet lancar. Google Spreadsheet bisa diakses melalui perangkat komputer atau laptop. 

Berbagai kalangan pun bisa menggunakannya, mulai dari kalangan pelajar hingga profesional, sampai kalangan umum juga. Fitur ini hadir hampir seperti Ms. Excel cuma online, dan Google yakin membuat data-data yang dibuat akurat.

Jika masih belum paham akan fitur-fitur apa saja yang ada di Spreadsheet, setidaknya tahu secara umum penggunaan itu sendiri. Spreadsheet lebih didesain secara simpel dan kapasitas penyimpanannya juga minim atau sedikit. 

Langkah-Langkah Membuka Google Spreadsheet

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk membuka dan membuat data di Google Spreadsheet, antara lain:

Menginstal Google Sheet di Perangkat

Hal pertama yang harus dilakukan, yaitu menginstal Google Spreadsheet di perangkat terlebih dahulu. Apabila Google Sheet ini akan diakses menggunakan ponsel, maka aplikasi ini perlu diunduh dan diinstal terlebih dahulu. Sementara jika ingin mengaksesnya melalui komputer, maka pengguna perlu membuka Browser terlebih dahulu.

Baca Lainya:  Begini Panduan Google Classroom untuk Siswa dalam Bentuk PDF yang Mudah dan Gratis dengan 4 Cara

Google Spreadsheet bisa dibuka melalui browser dengan mengakses Google Drive terlebih dahulu. Lalu, klik baru dan ketuk pada pilihan Google Spreadsheet untuk membuka template baru. Tampilan yang akan dilihat setelah itu adalah laman Google Spreadsheet kosong untuk membuat dokumen baru.

Menambahkan Akun Google

Berikutnya, Anda bisa menambahkan akun Google secara opsional apabila nantinya file Spreadsheet ini akan dikerjakan secara kolaborasi. Cara menambahkan akun Google ini cukup mudah, yaitu klik foto profil email yang ada di bagian kanan atas. Lalu, klik kelola orang dan ketuk pada pilihan tambahkan orang. Selanjutnya, masukkan nama email yang Anda tuju dan klik pada pilihan menu tambahan.

Membuat Bookmark

Langkah-langkah membuka Google Spreadsheet adalah membuat bookmark untuk browser. Klik ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas tampilan browser laptop, lalu ketuk pada menu bookmark dan centang kolom yang tersedia. Membuat bookmark ini berguna untuk menjadikan Google Spreadsheet sebagai salah satu situs terfavorit. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda ketika harus mengaksesnya kembali.

Baca Lainya:  Cara membuat cairan disinvektan dengan mudah

Menambahkan Pintasan Desktop untuk Tampilan Windows

Selain menjadikannya sebagai bookmark, pengguna Windows juga bisa membuat pintasan desktop untuk aplikasi Google Spreadsheet. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah buka desktop, lalu klik kanan untuk memilih opsi pintasan baru lalu, masukkan link URL lokasi Google Spreadsheet tersebut. Selanjutnya, pintasan desktop Google Spreadsheet akan langsung muncul yang namanya bisa diedit sesuai kebutuhan.

Akses Spreadsheet Secara Offline

Terakhir, ternyata Google Spreadsheet bisa diakses secara online khusu bagi pengguna Chrome. Tetapi Anda perlu menginstal ekstensi software Google Dokumen Offline terlebih dahulu. Lalu, buka setelan Google Drive dan pergilah ke menu offline untuk mencentang tanda buat, buka, dan edit file Spreadsheet secara offline. Akhiri proses ini dengan klik selesai dan aplikasi tersebut sudah tersedia secara offline.

Baca Lainya:  Cara Membuat Spreadsheet di Google Form Agar Bisa untuk Urusan Data

Langkah-langkah membuka Google Spreadsheet cukup mudah dicoba terutama bagi yang mengaksesnya di browser komputer atau laptop. Jangan lupa untuk memanfaatkan fiturnya dengan baik, termasuk akses secara offline guna memudahkan tugas Anda. Google Spreadsheet merupakan aplikasi terbaik yang menawarkan banyak fitur untuk mengelola data dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.