Bagaimana Dapat Menyesuaikan Teks di Google Dockumen? Cukup Atur Margin dengan Benar

menyesuaikan teks di Google Dokumen

Jadiberkah.com – Google Docs lebih populer dikarenakan sesuai dengan tuntutan zaman yang sedang dibutuhkan sekarang. Saat tulisan di Word dipindah ke fitur tersebut, bagaimana dapat menyesuaikan teks di Google Dokumen?

Pengoperasian Google Docs, terbilang cukup mudah dan tidak jauh berbeda dengan Ms. Word. Enaknya Google Docs, bisa dipakai secara bersama, dan bisa diedit secara bersama. Ada settingan edit offline jika tidak diperlukan edit online.

Google Docs bisa berkolaborasi dengan fitur-fitur yang lain dan dokumen format lain di bawah buatan Google. Semua tersedia dalam akun Gmail masing-masing yang digunakan dan aktif.

Mengenal Aplikasi Google Docs dan Bagaimana Dapat Menyesuaikan Teks di Google Docs?

Google Docs tak berbeda jauh dengan Microsoft Word, gunanya untuk membuat macam-macam dokumen. 

Fiturnya pun cukup lengkap layaknya seperti edit, font, media, dll. Karena memiliki penyimpanan cloud, Anda bisa dengan mudah memberi akses bagi orang lain untuk melihatnya. Ini cocok sekali bagi para freelancer yang ingin share pekerjaan pada anggotanya.

Baca Lainya:  Cara Membuat Spreadsheet di Google Form Agar Bisa untuk Urusan Data

Menyesuaikan Teks Dokumen di Google Docs

Bagaimana dapat menyesuaikan teks di Google Dokumen? Untuk Anda yang masih bingung dengan cara mengatur teks di Google Docs, mari simak beberapa tips berikut ini.

Mengatur Margin

  • Klik “File” di sudut kiri layar dan di sana Anda akan menemukan beberapa pilihan.
  • Klik Page Setup untuk pengaturan halaman yang terletak di urutan bawah dekat Print.
  • Atur margin sesuai ketentuan yang diminta atau diinginkan pada tiap sisi dokumen. Biasanya akan diberikan beberapa pilihan atau Anda bisa menyesuaikannya sendiri.
  • Klik “Ok” dan selesai.

Mengatur Margin dengan Ruler

  • Klik ruler yang ada di bagian atas dokumen.
  • Temukan bilah persegi panjang di bagian kiri layer dengan ikon segitiga menghadap ke bawah di bawahnya.
  • Tekan area abu-abu di sebelah kiri segitiga terbalik tersebut dan penunjuk pun berubah menjadi panah. 
  • Anda bisa menyeret area margin abu-abu untuk mengatur margin dokumen sesuai keinginan. Begitu pula di bagian sisi kanan untuk menyesuaikan margin.
Baca Lainya:  Benarkah Anak IPS Susah Cari Kerja? Berikut Faktanya!

Kelebihan Google Docs

Google Docs banyak dipilih untuk berbagai kepentingan terutama semenjak pandemi karena memungkinkan share tugas pada pengguna lain.

Kompatibel dengan Berbagai Perangkat

Anda bisa membuat dokumen di Google Docs dan Anda juga bisa mengedit dokumen tersebut dengan berbagai perangkat. Google Docs menggunakan penyimpanan awan sehingga Anda bisa mengaturnya asalkan memiliki akses.

Ketika di rumah Anda mengerjakan suatu pekerjaan menggunakan komputer, saat liburan Anda bisa mengeditnya melalui ponsel atau tablet. Hal ini dilakukan tanpa anda membawa salinan dokumennya. Anda hanya harus memasukkan akun Google Anda dan unduh ketika ingin di-print.

Share Dokumen

Dokumen yang ada di Google Docs bisa di-share dan diakses oleh banyak perangkat yang diberi link. Akses ini meliputi segala hal termasuk mengedit dan mengetahui detail kapan dan oleh siapa dokumen diedit.

Fitur Permission

Di dalam Google Docs juga terdapat fitur permission yang dapat memungkinkan Anda mengatur siapa saja yang boleh mengakses dokumen. Intinya hanya orang yang diberi akses saja yang bisa melihat dan mengatur dokumen tersebut. 

Baca Lainya:  Cara Mudah Membuat Jadwal Meeting di Google Calendar di Laptop dan HP yang Gratis dan Mudah

Kekurangan Google Docs

Berikut adalah kekurangan dari Google Docs, diantaranya:

  1. Fitur masih terbatas
  2. Belum tersedia versi desktop

Bagaimana dapat menyesuaikan teks di Google Dokumen? Melihat ulasan di atas tentu bukan hal sulit mengingat fiturnya sangat lengkap dan mudah ditemukan.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.