Pengertian Manajer Dan Gaji Manajer Pertambangan

Jadiberkah.comPengertian Manajer Dan Gaji Manajer Pertambangan –  Pengertian Manajer Pertambangan dan Tugasnya serta Jenjang Manajer Untuk dapat memahami apa yang dimaksud dengan manajer, tugas seorang manajer pertambangan dan  Gaji Manajer Pertambangan , ada baiknya Anda membaca artikel di bawah ini.

Apakah Itu Seorang Manajer?

Yang dimaksud dengan manajer adalah orang yang memiliki pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan yang baik yang diakui organisasi untuk dapat memimpin, mengelola, mengendalikan, mengatur, dan mengembangkan organisasi guna mencapai tujuannya. Atau definisi lain dari manajer adalah seseorang yang dapat mengarahkan orang lain dan mampu bertanggung jawab atas aktivitas atau pekerjaannya.

 

 

Tugas Manajer Pertambangan

Beberapa tugas yang dilakukan oleh seorang manajer antara lain sebagai berikut:

  • Yang pertama, tentu saja, memimpin pertambangan.
  • Kedua, mengatur dan mengendalikan pertambangan.
  • Ketiga, mengembangkan pertambangan.
  • Keempat, mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi organisasi.
  • Kelima, mengawasi dan mengendalikan organisasi.
  • Keenam, menumbuhkan kepercayaan.
  • Ketujuh, meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap pertambangan.
  • Kedelapan, mengevaluasi kegiatan organisasi.
  • Dan kesembilan, menggali dan mengembangkan sumber daya organisasi atau perusahaan.
Baca Lainya:  Tips Dan Berapa Gaji Buma

Berapa Gaji Manajer?

Gaji rata-rata seorang General Manager di Indonesia adalah Rp. 210.000.000 per tahun atau Rp. 107.692 per jam. Gaji awal untuk posisi ini dimulai dari sekitar Rp. 40.800.000 per tahun sedangkan untuk karyawan yang sudah berpengalaman gajinya berkisar Rp. 357.000.000 per tahun.

Dan Ada Juga Level Seorang  Manajer

Adapun beberapa organisasi, manajer sering dikelompokkan ke dalam beberapa kategori seperti manajer puncak atau manajemen puncak, manajer tingkat menengah dan manajer lini pertama. Di bawah ini adalah penjelasannya:

Manajemen Lini Pertama (First Line Management).

Manajer lini pertama adalah level terendah, sering dikenal sebagai manajer operasional. Tugasnya termasuk memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi.

Manajemen Menengah (Middle Management).

Manajer tingkat menengah ini berada di antara manajer lini pertama dan manajer puncak. Jabatan yang termasuk dalam middle level manager ini antara lain project manager, factory manager, division manager atau section head. Itulah penjelasan manajer tingkat menengah.

Baca Lainya:  Makna sebuah arti warna map saat melamar pekerjaan

Berikut Sejumlah Alasan Yang Membuat Gaji Para Penambang Sangat Tinggi.

Rutinitas Kerja Berat

Sebenarnya besaran gaji itu besar atau kecil sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilakukan. Semakin berat beban yang harus dipikul maka semakin besar gaji. Konsep ini juga berlaku untuk semua sektor pekerjaan.

Di sektor pertambangan, mungkin saja satu orang memiliki tugas yang lebih sulit dari pada yang lain.. Misalnya pada tahap prospecting, persiapan penambangan, pengolahan hingga reklamasi pascatambang atau penutupan tambang.

Durasi Kerja Panjang

Jika profesi membutuhkan waktu kerja rata-rata 8 jam durasi kerja pertambangan bisa lebih lama. Apalagi bagi mereka yang bekerja di lapangan yang harus terjun langsung ke lokasi penambangan. Terkadang tugas yang diberikan harus segera diselesaikan, tanpa penundaan atau jeda.

Resiko Kesehatan

Rutinitas pekerja tambang sangat berbeda dengan rutinitas pekerja pada umumnya. Kehidupan sehari-hari mereka akan dihabiskan di area pertambangan yang tentu saja tidak memenuhi standar kesehatan. Terutama bagi mereka yang bekerja di pertambangan bawah tanah.

Baca Lainya:  Macam-Macam Kamera Dan Harganya

Selama lebih dari 8 jam mereka berada di perut bumi, sehingga mereka mendapatkan lebih sedikit oksigen dan juga paparan sinar matahari. Oleh karena itu, baik perusahaan maupun karyawan itu sendiri harus selalu menjaga kesehatannya dengan memberikan pelayanan kesehatan yang memadai dan mengatur pola hidup sehat.

Demikian ulasan artikel di atas  tentang Pengertian Manajer Dan Gaji Manajer Pertambangan semoga bermanfaat, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.