Berapa Gaji Kerja di Tambang? Ini 7 Alasan Banyak Orang yang Jadi Penambang

gaji kerja di tambang

Jadiberkah.com – Setiap perusahaan mempunyai kebijakan khusus dalam memberikan gaji dan  Anda juga harus tahu berapa gaji kerja di tambang. Para pegawai di tambang memang mempunyai gaji yang besar daripada di perusahaan lainnya. 

Perbedaan gaji yang mencolok tersebut berdasarkan beban kerja yang berat. Di samping itu, durasi kerjanya juga bisa melebihi perusahaan lain. Karyawan perusahaan lain mempunyai banyak waktu luang untuk keluarga.

Namun tidak demikian dengan pegawai tambang. Faktor-faktor itulah yang membedakan gaji pegawai tambang dengan yang lainnya.  

Alasan Mengapa Gaji Kerja di Tambang Besar

Berikut ini alasan gaji kerja di tambang besar karena masalah-masalah berikut ini :

Rutinitas Kerja Berat 

Besar kecilnya gaji sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilakukan. Gaji dan tunjangan yang besar tergantung pada beban kerjanya. Konsep ini diterapkan untuk semua jenis pekerjaan.

Lain halnya dengan bidang pertambangan, tidak hanya beban kerja yang menguras pikiran, tetapi memerlukan tenaga dan daya tahan tubuh. 

Di bidang pertambangan bisa saja beban kerja seseorang lebih berat daripada yang lainnya. Kegiatan operasional di pertambangan ada yang mempunyai sejumlah rantai kerja yang memerlukan waktu lebih panjang untuk mengerjakannya.

Baca Lainya:  Mengintip berapa gaji karyawan di perusahaan Startup Unicorn di indonesia

Contohnya pada tahap prospecting, persiapan penambangan, pengolahan, dan reklamasi pasca kegiatan penambangan atau mine closure. 

Durasi Kerja Lama 

Durasi kerja di pertambangan bisa lebih lama dari para pegawai dari perusahaan lainnya. Profesi lain rata-rata kerja selama 8 jam. Durasi lama tersebut seperti bagi mereka yang berposisi di lapangan yang harus turun langsung pada lokasi penambangan. 

Kadang-kadang tugas yang diberikan harus langsung dikerjakan dan tidak ada penundaan atau jeda. Tingginya gaji juga bukan hanya karena durasi kerja yang lama, tetapi berdasarkan besarnya tanggung jawab yang harus dilaksanakan. 

Resiko Kesehatan 

Para pekerja tambang mempunyai rutinitas yang berbeda dari rutinitas pekerja lainnya. Sehari-hari mereka akan menghabiskan waktunya di area tambang. Tentu area itu tidak memenuhi standar kesehatan. 

Terlebih lagi bagi mereka yang bekerja di penambangan bawah tanah. Mereka berada di perut bumi sekitar 8 jam. Hal itu menyebabkan kurang oksigen dan sinar matahari. 

Baca Lainya:  5 Tujuan Idul Fitri Yang Harus Diketahui Sebelum Merayakan

Gaya hidupnya pun monoton dan terpapar bermacam-macam senyawa kimia yang bisa berdampak pada kesehatan dalam jangka panjang. Maka dari itu, perusahaan dan karyawan itu sendiri harus selalu menjaga kesehatan. Perusahaan harus memberi pelayanan kesehatan yang memadai dan menjalankan hidup sehat. 

Perusahan selain harus memberikan gaji pokok juga harus memberi insentif sebagai reward  untuk karyawan terbaik. Kadang-kadang insentif sama dengan gaji pokok atau bahkan lebih besar. 

Berapa Gaji Kerja di Tambang? Intip yuk!

Sudah banyak diketahui bahwa gaji pegawai tambang terkenal tinggi. Di bawah ini adalah kisaran gaji kerja di tambang yang ingin Anda ketahui. 

Gaji Paling Kecil

Menurut data dari BPS yang menggolongkan upah berdasarkan lapangan kerja utama. Pada tahun 2019 profesi sektor pertambangan dan penggalian berkisar Rp 4,77 juta. 

Gaji Sedang 

Menurut sumber lain gaji pegawai tambang mempunyai angka yang besar. Untuk fresh graduated saja mencapai Rp 6-8 juta. Sedangkan untuk senior gajinya berkisar Rp 10-40 juta rupiah. 

Baca Lainya:  Cara Menambahakan Jasa Ekspedisi Shopee

Gaji Besar

Ada lagi kisaran gaji dari pegawai tambang yang paling besar. Misalnya, gaji COOK di pertambangan mencapai angka Rp 100-300 juta rupiah. 

Masyarakat hanya mengetahui pegawai tambang bergaji tinggi, tetapi tidak tahu resiko yang besar di balik itu semua. Kini Anda sudah punya gambaran berapa gaji kerja di tambang yang diterima para pegawainya.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.