10 Rekomendasi Cita-Cita Untuk Jurusan IPA yang Wajib Dipertimbangkan!

Jadiberkah.com – Melanjutkan jenjang pendidikan SMA ihwalnya harus dilakukan. Apalagi saat penentuan minat dan bakat yang Anda miliki. Sehingga proses pembelajaran jadi lebih mudah dan mengasyikkan. Bagi Anda yang baru saja lulus, berikut rekomendasi cita-cita untuk jurusan IPA.

Penasaran seperti apa cita-cita yang pas dan cocok bagi Anda? Simak hingga habis ya, siapa tahu Anda sedang membutuhkan saran ini. 

Cita-Cita untuk Jurusan IPA Paling Diminati

Ketika mengambil mata pelajaran jurusan IPA, akan ada banyak sekali yang bisa dipelajari. Biasanya entah di bidang matematika, kimia, fisika maupun biologi. Jika dilihat, peluang bagi cita-cita yang cocok akan sangat besar dan banyak. Apa sajakah rekomendasi cita-cita ini? 

  1. Bidan

Menjadi seorang bidan akan sangat cocok dengan Anda yang menyandang gelas anak IPA. Selain ketelatenan dan kesabaran, profesi ini juga berhubungan dengan skill yang Anda dapatkan kala SMA.

  1. Apoteker

Untuk anak lulusan IPS atau khususnya kefarmasian, cita-cita ini juga klop dengan Anda. Pekerjaan meracik obat atau apoteker bahkan memiliki besaran gaji yang ciamik.

  1. Insinyur

Cita-cita ketiga ini juga bisa Anda raih dengan mudah. Anda bisa melanjutkan kuliah dengan jurusan teknik untuk menggapainya. Diantaranya ialah teknik elektro, sipil, kimia dan banyak lagi lainnya. 

  1. Arsitek

Cita-cita untuk jurusan IPA keempat adalah arsitek. Arsitek biasanya bergelut dengan angka-angka juga skala pada gambar. Namun, tak hanya pada masalah hitungan saja. Anda juga wajib memiliki ketertarikan atas seni dan budaya lho.

  1. Dokter

Kebanyakan, anak lulusan IPA mempunyai cita-cita sebagai seorang dokter. Untuk jenis profesi ini Anda dituntut untuk bekerja keras sehingga bisa diterima di PTN. Apalagi, fakultas kedokteran yang notabene menurunkan fokus dan konsistensi tinggi. 

Baca Lainya:  Mau Melanjutkan ke SMA? Berikut Jurusan yang aAda di SMA!

Sebab, berhubungan langsung dengan kesehatan pasien. Tentunya, tak bisa sembarangan dalam mendiagnosa bukan? Selain segi pembelajaran, biaya pendidikannya juga lumayan tinggi. 

  1. Perawat

Selain menjadi dokter, Anda juga bisa memilih untuk menjadi perawat. Perawat termasuk cita-cita yang mulia, apalagi juga pas bagi Anda anak IPA.

  1. Ahli Pertanian

Ahli dan konsultan pertanian di negara kita sangat dibutuhkan. Mengingat, Indonesia merupakan negara agraris yang subur dan makmur. Sehingga kebutuhan akan tenaga ini cukup besar. Jika ingin meningkatkan skill, Anda bisa memilih untuk terjun di jurusan agribisnis maupun pertanian.

Baca Lainya:  Bagaimana Cara memilih Jurusan di SMA? Berikut Tipsnya!
  1. Peneliti

Anak-anak jurusan IPA sudah sangat ihwal bergelut dengan eksperimen. Profesi peneliti ini juga erat hubungannya dengan hal tersebut. Apalagi jika Anda termasuk tipe anak yang keingintahuannya besar.

Anda bisa bergabung sebagai ilmuwan atau peneliti pada lembaga di pemerintahan. Seperti, LAPAN, LIPI, BMKG atau lainnya.

  1. Dosen

Anda memiliki nilai akademik yang tinggi? Ingin menjadi pengajar profesional, bisa lho menggeluti cita-cita ini. Terlebih di bidang sains sesuai mata pembelajaran Anda di SMA yakni jurusan IPA.

  1. Teknisi atau Programmer

Cita-cita ini pas bagi Anda peminat ilmu fisika juga teknologi modern. Pilihan pekerjaan baik menjadi teknisi maupun programmer juga banyak dibutuhkan. Terlebih di era digital saat ini. Bagaimana, tertarik dengan cita-cita tersebut?

Baca Lainya:  4 Keuntungan Masuk Jurusan IPS yang Belum Banyak Diketahui, Nomor 3 Paling Seru!

Menentukan cita-cita umumnya sejak dari kecil, namun tak menampik kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi. Apalagi jika dihubungkan dengan jenis jurusan sekolah yang dijalani.

Namun, cita-cita untuk jurusan IPA ini bisa Anda jadikan referensi lho! Siapa tahu list profesi tersebut ada yang cocok dengan impian Anda selama ini.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.