Apakah Jurusan IPS Bisa Memasuki Jurusan IPA di Perguruan Tinggi? Ini 3 Syarat yang Harus Dilakukan

Jadiberkah.com – Memilih jurusan memang tidak boleh asal-asalan. Apalagi jurusan saat kuliah. Jika saat SMA jurusan yang dipilih adalah IPS, biasanya para calon mahasiswa baru akan memilih jurusan yang linear dengan IPS juga. Namun, sebenarnya apakah jurusan IPS bisa memasuki jurusan IPA saat pendaftaran mahasiswa baru?

Jawabannya, bisa saja. tidak tertutup kemungkinan untuk para maba memilih jurusan yang menyimpang dari jurusan mereka saat SMA. Namun, tentu saja ada konsekuensi dari setiap pilihan, termasuk pilihan jurusan di perguruan tinggi.

Apakah Jurusan IPS Bisa Memasuki Jurusan IPA dan Apa Syaratnya?

Untuk dapat diterima di jurusan IPA padahal berasal dari jurusan IPS, diperlukan usaha dua kali lipat lebih keras. Tentu saja karena ada banyak mata kuliah ilmu alam yang nantinya akan dipelajari. 

Baca Lainya:  Gampang! Begini 3 Cara Memindahkan Video dari Telegram ke Laptop

Jadi jika ditanya apakah jurusan IPS bisa memasuki jurusan IPA? Jawabannya bisa, dengan syarat sebagai berikut:

Mengikuti Matrikulasi Sebelum Perkuliahan Dimulai

Semua mata kuliah dasar ilmu alam telah dipelajari saat SMA oleh mereka yang memang memilih jurusan tersebut. Namun bagi mereka yang menyeberang dari IPS ke IPA, tentu saja hal tersebut tidak dipelajari secara tuntas. 

Matrikulasi diperlukan (dan disarankan juga) untuk menyamakan frekuensi. Agar saat perkuliahan yang sebenarnya dimulai, tidak ada lagi yang keteteran mengikuti pembahasannya.

Nilai Matematika dan Bahasa Inggris Yang Tinggi

IPA adalah jurusan yang memadukan antara kemampuan berhitung, logika, menghafal sekaligus bahasa. Karena banyak buku panduannya yang berbahasa Inggris. Jika kemampuan matematika dan bahasa Inggris memang baik, tidak ada alasan untuk ragu memasuki jurusan IPA.

Baca Lainya:  Lulusan IPA Bisa Masuk Jurusan Apa Saja? Ini 12 Jurusan yang Bisa Kamu Pilih!

Sanggup Belajar Dua Kali Lipat Lebih Keras

Stigma yang selama ini beredar adalah mereka yang berada di jurusan IPA lebih pintar dari siswa yang belajar di jurusan IPS. Tentu saja ini salah. Kedua jurusan tersebut sama-sama memiliki tantangan tersendiri.

Namun ketika harus menyeberang dari IPS ke IPA tentu ada pelajaran-pelajaran yang memang harus dikejar. Metode belajar yang berbeda juga menuntut lebih banyak usaha.

Nah, jika memang bisa mengikuti tiga syarat di atas, tidak akan bermasalah saat harus menyeberang jurusan. Sehingga tidak perlu lagi ragu dan bertanya, apakah benar jurusan IPS bisa pindah haluan ke jurusan IPA? 

Baca Lainya:  Macam-Macam Kamera Dan Harganya

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.