Jurusan SMK Apa yang Mudah Dapat Kerja? Bisa Jadi Bahan Pertimbangan

jurusan SMK

Jadiberkah.com – Memilih SMK sebagai pendidikan lanjut memiliki banyak kelebihan. Jurusan SMK apa yang mudah dapat kerja? Anda bisa mengenali minat dan bakat sebelum menjatuhkan pilihan pada salah satu di jurusan di SMK.

Komposisi materi yang ada pada Sekolah Menengah Atas terdiri dari 90 persen teori dan 10 persen lagi praktek. Sedangkan Sekolah Menengah Kejuruan, teori yang diberikan sebanyak 40 persen dan praktek sebanyak 60 persen.

Keunggulan dari SMK

Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan ditempuh selama 3 tahun. Jika Anda memilih SMK, penjurusan akan dilakukan di awal pendidikan. SMK memiliki beberapa keunggulan di antaranya:

Bidang Keahlian Beragam

Bidang keahlian yang ada di SMK menyesuaikan dengan kebutuhan industri. Bidang keahlian antara satu kota dengan kota yang lain berbeda, sesuai dengan lapangan kerja yang dibutuhkan.

Pembekalan Kewirausahaan

Salah satu kelebihan yang dimiliki SMK adalah adanya pembekalan kewirausahaan. Siswa SMK diharapkan siap bekerja dan menciptakan lapangan kerja setelah lulus. Menciptakan lapangan kerja sesuai bidang diharapkan memperkuat perekonomian.

Bisa Melanjutkan ke Pendidikan Tinggi

Lulusan SMK berkesempatan memilih ke perguruan tinggi, politeknik maupun sekolah tinggi sesuai jurusan yang diambil sebelumnya. Menepis anggapan lulusan SMK tidak bisa meneruskan pendidikan. 

Jurusan SMK Apa yang Mudah Dapat Kerja?

jurusan smk

Berikut beberapa jurusan SMK apa yang mudah dapat kerja? Anda bisa simak beberapa diantaranya sebagai berikut:

Baca Lainya:  Bagaimana Menulis Tentang Saya Di Jobstreet?

Broadcasting

Ilmu penyiaran merupakan salah satu jurusan yang ditawarkan di SMK. Lulusan jurusan ini sangat mudah mendapat pekerjaan karena perkembangan dunia penyiaran yang pesat.

Mesin

Jurusan mesin sudah menjadi jurusan unggulan. Perkembangan dunia otomotif yang tiada henti memberi efek banyak menyerap tenaga kerja. Selain bisa membuka usaha sendiri, Anda juga bisa bekerja di perusahaan besar sebagai ahli mesin.

Kecantikan 

Lulusan jurusan ini mudah mendapat pekerjaan seiring semakin berkembangnya dunia make up. Untuk membuka usaha sendiri pun sangat direkomendasikan.

Tata Busana

Jurusan Tata Busana akan menyerap tenaga kerja di bidang industri konveksi dan mode. Busana yang sudah menjadi kebutuhan manusia, tentunya akan menyerap tenaga kerja tinggi.

Akuntansi

Lulusan SMK jurusan akuntansi dibutuhkan di dunia perbankan maupun perpajakan. Seiring berkembangnya dunia usaha melalui UMKM juga akan membutuhkan tenaga kerja dengan keahlian di bidang akuntansi.

Teknologi Komputer dan Jaringan

Jurusan TKJ semakin banyak peminatnya mengikuti perkembangan internet dan teknologi. Lulusan dengan latar belakang pendidikan Teknologi Komputer dan Jaringan sangat diperlukan oleh semua perusahaan.

Untuk saat ini bisnis kecil yang menggunakan digital marketing juga membutuhkan tenaga kerja yang memahami jaringan dan komputer. 

Tata Boga

Dunia kuliner berkembang tak kalah dengan dunia teknologi. Keberagaman masakan dalam dan luar negeri, apalagi dengan banyaknya pendatang di dalam negeri menuntut menu makanan lebih beragam.

Keberagaman makanan dan keunikan dalam teknik penyuguhannya akan menjadi tantangan tersendiri dan tentunya membutuhkan lulusan tata boga. Menjadi pegawai atau mendirikan usaha kuliner juga bisa dilakukan lulusan tata boga.

Pariwisata

Sektor pariwisata mengalami perkembangan pesat dengan promosi kunjungan pariwisata. Anda memiliki kesempatan berkeliling dunia dengan memilih jurusan ini. Sektor pariwisata bekerja dengan banyak pihak yang tentunya memerlukan lulusan yang sudah memiliki pengalaman akan menjadikannya lebih baik.

Jurusan SMK apa yang mudah dapat kerja? Pilihlah sesuai minat dan bakat Anda. Beberapa jurusan di SMK disesuaikan dengan lapangan kerja yang menyerap banyak tenaga kerja.

Baca Lainya:  sanksi buat anda yang tidak bayar iuran bpjs

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.