Di SMA Jurusan IPA Belajar Apa Aja? Ada 4 Mata Pelajaran Penting yang Harus Diketahui!

Jadiberkah.com – Tak dapat dipungkiri kalau jurusan IPA sangat populer bagi kalangan SMA. Tidak hanya itu, jurusan IPA juga suka dianggap lebih bergengsi daripada jurusan IPS.

Padahal ya, kedua ini jurusan ini sama saja. Mungkin, karena jurusan IPA yang cenderung mengoptimalkan fungsi otak kiri dan banyak berhitung sehingga jurusan ini dianggap berisi orang pintar. Yuk, cari tahu ketika masuk SMA jurusan IPA belajar apa aja!

Sebenarnya antara jurusan IPA dan IPS pembelajarannya sama saja. Pembedanya adalah di jurusan IPA banyak ditemukan pelajaran berhitung dan para siswa harus berpikir secara realistis.

Fungsi otak kiri sangat dikedepankan. Jurusan IPS lebih banyak mengutamakan kecerdasan emosi. Di jurusan IPS soal-soal berhitung lebih pada hitungan jurnal pembukuan berbeda dengan IPA.

Baca Lainya:  Tips Menentukan Bagaimana Cara Memilih Peminatan dan Jurusan IPA atau IPS, Wajib Baca!

Berikut Pelajaran di SMA Jurusan IPA Belajar Apa Saja yang Harus Diketahui

SMA jurusan IPA belajar apa aja

SMA jurusan IPA belajar apa aja, ini daftarnya:

  • Ilmu Matematika. Belajar tentang struktur, ruang, besaran, dan perubahan baik Matematika murni atau penerapan.
  • Ilmu Fisika. Semua yang terkait dengan gejala dan sifat pada benda mati yang ada di alam seperti gaya, energi, gelombang, daya, muatan dan sebagainya.
  • Ilmu Biologi. Ilmu tentang kehidupan dan makhluk hidup termasuk pertumbuhannya, fungsi, struktur, evolusi, persebaran serta taksonominya.
  • Ilmu Kimia. Belajar mengenai struktur, susunan, sifat-sifat serta perubahan pada suatu materi atau reaksi kimia.

Pelajaran-pelajaran ini adalah pelajaran wajib yang akan sering ditemui dalam jurusan IPA. Seperti Matematika, kata ini berasal dari kata ‘Mathema’ yang diambil dari bahasa Yunani artinya pengetahuan, pemikiran, atau pembelajaran. Pelajaran ini digunakan pada hampir semua aspek kehidupan. 

Baca Lainya:  Bagaimana Cara memilih Jurusan di SMA? Berikut Tipsnya!

Ketiga pelajaran lainnya jelas menjadi ciri khas jurusan IPA yang berpusat pada pengetahuan alam yang konon katanya rumit. Pelajaran ini juga banyak berkaitan dengan penghitungan selain logika. Tak heran kalau siswa jurusan IPA banyak yang mengikuti bimbingan belajar di luar jam sekolah.

Pelajaran umum yang dipelajari di jurusan IPA selain keempat tadi yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pelajaran Agama, PKN serta PJOK. Yang tidak dipelajari di jurusan ini hanyalah pelajaran yang berkaitan dengan pengetahuan sosial. Sudah tahukan SMA jurusan IPA belajar apa aja sekarang.

Baca Lainya:  4 Keuntungan Masuk Jurusan IPS yang Belum Banyak Diketahui, Nomor 3 Paling Seru!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.