Jurusan Bahasa Di SMA Mempelajari Apa Saja? Kamu Harus Tahu Jika Ingin Masuk Jurusan Bahasa!

Jadiberkah.com – Pasti Anda bertanya jurusan bahasa di SMA mempelajari apa saja? Hal ini mungkin terlintas karena memang diakui tidak banyak SMA umum yang menyelenggarakan jurusan Bahasa, sehingga banyak yang tidak tahu,apa saja yang dipelajarinya.

Untuk jurusan dengan peminatan Bahasa pada SMA tentu saja akan lebih menitik beratan pada kebahasaan. Namun, di saini Anda tidak hanya  terampil berbahasa Indonesia, juga akan  mempelajari muatan bahasa asing lainnya.

Kini, bahasa asing yang dipelajari tidak hanya Bahasa Inggris, tetapi sudah merambah ke bahasa asing yang lain, misalnya Mandarin atau Prancis.

Muatan Jurusan Bahasa di SMA Mempelajari Apa Saja Materinya

Selain Bahasa Indonesia, jurusan bahasa di SMA mempelajari apa saja?  Yuk, simak muatan apa lagi yang akan dipelajari.

Baca Lainya:  Amankan Karirmu dengan Tahu Apa Bedanya SMA Jurusan IPA dan IPS?

Tata Bahasa

Peserta didik yang masuk pada jurusan Bahasa akan mempelajari aspek kebahasaan yang lebih dalam. Jurusan ini sesuai dengan namanya, tentu saja lebih mengedepankan keahlian dalam berbahasa.

Pada jurusan ini, Anda akan menekuni muatan  peminatan bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris,  bahasa asing lainnya sesuai dengan kekhasan sekolah seta antropologi.

Mata Pelajaran

Pada  jurusan ini, Anda akan mendapatkan mata pelajaran yang  berhubungan dengan sastra, makna kata, semantik, diksi, fungsi bahasa, dan retorika.

Bahasa Asing

Selain Bahasa Indonesia, pada jurusan ini Anda akan mempelajari hal yang sama dengan bahasa asing lainnya. Bahasa Asing yang dipelajari misalnya sastra Jepang, Sastra Mandarin, Sastra Rusia, Sastra Inggris dan yang sekarang sedang tren adalah Sastra Korea.

Baca Lainya:  Daftar wilayah banjir madiun

Antropologi

Pada jurusan bahasa, Anda akan mempelajari juga ilmu dasar tentang Antropologi. Pada muatan ini Anda akan mempelajari  keanekaragaman serta persamaan  manusia. Anda juga akan mempelajari cara hidup dan kearifan budaya lokal setiap masyarakat.

Dengan mempelajari Antropologi, Anda akan lebih memahami mengapa setiap budaya memiliki perbedaan cara pandang dan kearifan lokal yang menjaga tetap hidup. Dengan demikian akan terbangun sikap empati dan toleransi pada setiap golongan masyarakat.

Bagi Anda  calon lulusan SMP yang kini tengah mempertimbangakn masuk jurusan bahasa di sekolah menengah atas, semoga menjawab pertanyaan tentang jurusan bahasa di sekolah menengah atas mempelajari apa saja? Yuk, siapkan dirimu untuk belajar di tingkat yang lebih tinggi.

Baca Lainya:  Akun @filipus pengunggah video dokter gigi surabaya ditangkap

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.