Mengapa jurusan IPA Lebih Diminati? Berikut 12 Alasan yang Harus Kamu Ketahui!

Jadiberkah.com – Ilmu alam mampu menjawab fenomena-fenomena yang ada di semesta sehingga hal wajar mengapa jurusan IPA lebih diminati. Mayoritas pelajar sekolah menengah lebih suka memilih jurusan IPA sebagai peminatannya.

Alasannya, IPA mempunyai jangkauan luas untuk mempelajari berbagai ilmu di universitas atau perguruan tinggi. Siswa IPA tidak hanya mempelajari materi EKSAKTA saja, tetapi juga bisa memperdalam ilmu sosial dan bahasa. 

Alasan Mengapa Jurusan IPA Lebih Diminati 

Tidak bisa dipungkiri bahwa jurusan IPA memang banyak yang menyukainya. Berikut ini adalah beberapa alibi mengapa jurusan IPA lebih diminati yakni :

Kesempatan Besar Masuk PTN

Saat SNMPTN lulusan IPA punya peluang lebih besar daripada IPS dan Bahasa. Contohnya Di UGM dan ITB untuk Siswa IPA boleh mengambil program soshum atau saintek pada SNMPTN. Sebaliknya siswa IPS tidak bisa mengambil prodi tersebut. 

Kesempatan Masuk Perguruan Swasta Besar 

Siswa IPA yang masuk ke Perguruan Tinggi Swasta boleh memilih semua prodi. Sedangkan jurusan untuk IPS dan Bahasa lebih sedikit. Misalnya di universitas Tri Sakti jurusan IPA bisa memilih semua prodi, tetapi jurusan IPS hanya tertentu saja. 

Baca Lainya:  Apa Saja Resiko Beternak Ayam Petelur

Bisa Memilih Jurusan IPS

Siswa IPA bisa memilih jurusan IPS karena ada mata pelajaran IPA yang berkesinambungan dengan IPS seperti matematika IPA sama dengan Matematika IPS. Siswa tersebut juga bisa lancar mengikuti perkuliahannya. 

Jurusan STEM (Science, Technology, Engineering, Math) Banyak Diperlukan

Jurusan STEM  banyak dibutuhkan di mana-mana dan jurusan ini pun berada di IPA. STEM sangat berpengaruh terhadap perkembangan zaman saat ini. Oleh sebab itu, dalam dunia kerja para karyawan diharapkan punya pengetahuan serta skill STEM. Perusahaan banyak mencari lulusan STEM  dengan gaji yang relatif besar. 

Mengapa Jurusan IPA Lebih Diminati dan Harus Dipilih

Jurusan IPA lebih banyak mengajarkan tentang EKSAKTA atau ilmu yang berhubungan dengan alam. Berikut ini alasan mengapa jurusan IPA lebih diminati yaitu :

Banyak Pilihan Jurusan Kuliah

Setelah lulus jurusan IPA maka Anda punya banyak pilihan saat melanjutkan kuliah. Di Universitas atau Perguruan Tinggi negeri dan swasta banyak jurusan yang cocok dengan Anda.

Baca Lainya:  Penyalur Kejar Paket di karawang

Melatih Berpikir Logis

Ilmu IPA banyak mengajarkan materi yang berhubungan dengan logika. Hal ini tentu mengajarkan Anda untuk berpikir logis. 

Melatih Berhitung

Dalam ilmu IPA juga diajarkan materi berhitung. Dengan begitu, kemampuan Anda dalam berhitung akan semakin meningkat. 

Mengenal Alam 

Ilmu IPA mengajarkan materi untuk mengenal lingkungan alam dan sekitarnya. Misalnya mempelajari tumbuhan, hewan, dan alam semesta. 

Dengan begitu, Anda akan semakin merasa  dekat dengan alam dan seisinya. Anda juga lebih merasakan betapa Maha Kuasanya Sang Pencipta. 

Bereksperimen dan Praktikum

Kegiatan praktikum adalah untuk mendukung materi pelajaran IPA. Bagi Anda yng menyukai dunia kimia dan fisika maka kegiatan praktikum suatu hal yang menyenangkan. 

Sedangkan kegiatan bereksperimen yaitu untuk melakukan berbagai uji coba. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena akan menemukan hal baru. 

Membangkitkan Rasa Ingin Tahu

Anda banyak mempelajari hal baru di jurusan IPA dan mendapat suatu hal yang sebelumnya tidak terpikirkan. Materi-materi yang dipelajari tersebut akan menggugah rasa ingin tahu terutama yang berhubungan dengan alam. 

Berkesempatan Ikut Olimpiade Ilmiah

Anda berkesempatan mengikuti olimpiade ilmiah untuk tingkat SMA. Kejuaraan seperti itu banyak cocok dengan jurusan IPA. Oleh sebab itu, Anda akan punya prioritas untuk mengikuti perlombaannya. 

Baca Lainya:  Apa itu Aplikasi Google Docs? Ini Pengertian dan Fitur yang Ada Didalamnya!

Saat memilih jurusan IPA di sekolah menengah maka Anda juga bisa memilih jurusan ilmu sosial ketika melanjutkan kuliah di kampus. Itulah beberapa alasan mengapa jurusan IPA lebih diminati oleh para siswa.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.