Bagaimana Cara memilih Jurusan di SMA? Berikut Tipsnya!

Jadiberkah.com – Bagi pelajar SMP, masuk ke SMA memiliki tantangan tersendiri. Selain pelajaran yang lebih sulit, bagaimana cara memilih jurusan di SMA? Juga kerap menjadi pertanyaan besar bagi calon siswa SMA. Mereka tidak ingin

Sedikit banyak, pemilihan jurusan ini juga akan mempengaruhi program pendidikan di perguruan tinggi nanti. Misalnya jurusan IPA yang mayoritas diterima di fakultas kedokteran. Begitu juga dengan lulusan jurusan IPS yang lebih banyak melanjutkan pendidikan di fakultas Ekonomi. 

Agar Tidak Menyesal, Bagaimana Cara Memilih Jurusan di SMA? 

Ada tiga jurusan yang biasanya tersedia di SMA, yakni Bahasa, IPS, dan IPA. Namun tidak semua SMA membuka jurusan Bahasa. Biasanya hanya ada dua pilihan saja, berupa IPA serta IPS. Lalu bagaimana cara memilih jurusan di SMU? Yuk simak jawabnya di bawah ini.

Baca Lainya:  Benarkah Anak IPS Susah Cari Kerja? Berikut Faktanya!

Kenali bakat yang dimiliki 

Sebelum memutuskan untuk mengambil  salah satu jurusan di SMA, lebih baik evaluasi nilai dari SD sampai SMP. Dengan cara ini, bisa diketahui mata pelajaran apa saja yang mendapat nilai tinggi, dan mana yang paling rendah. 

Jika mata pelajaran IPA selalu mendapat nilai bagus, tidak ada salahnya untuk memilih jurusan IPA. Akan tetapi, jika mata pelajaran seperti Sejarah, Geografi dan semacamnya yang lebih bagus. Sebaiknya pilih jurusan IPS karena ini sudah sesuai dengan kemampuan yang ada. 

Sesuaikan cita-cita 

Semua orang tentu memiliki cita-cita yang ingin diraih pada masa depan. Jurusan di SMA ini akan memiliki peranan besar untuk cita-cita yang ingin Anda raih. Misalnya Anda ingin menjadi seorang akuntan atau pengacara, maka jurusan IPS akan sangat cocok. Namun bila bercita-cita jadi seorang dokter, IPA menjadi jurusan yang tepat. 

Diskusikan dengan orang tua

Orang tua memiliki pengalaman lebih banyak dan setiap keputusan selalu diambil dengan banyak pertimbangan. Jadi Anda bisa meminta pendapat orang tua, jurusan apa yang sebaiknya diambil di jenjang SMA ini. 

Semoga 3 tips di atas dapat membantu Anda yang tengah kebingungan bagaimana cara memilih jurusan di SMA? Baik jurusan IPA, IPS maupun Bahasa memiliki keunggulan masing-masing. Rencanakan semuanya agar tidak ada penyesalan di belakang.

Baca Lainya:  Coba Cek Jurusan Bahasa Ada Bahasa Apa Saja Yang Ada Di SMA?

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.