Berikut Langkah Langkah Mengkonversi Dokumen File ke Google Docs, Mudah!

mengkonversi dokumen file ke Google Docs

Jadiberkah.com – Bagi pekerja online yang berkutat di dokumen, biasanya perusahaan memungkinkan menggunakan Google Docs, Untuk itu, kita harus tahu langkah-langkah mengkonversi dokumen file ke Google Docs. Alasannya lebih mudah pembuatannya.

Keperluan tugas lain juga bisa, apalagi fitur ini menghadirkan link bersama yang bisa dikerjakan bersama dan diedit secara bersama. Jadi, enak koordinasinya. Melakukan konversi dokumen ke GDrive dianggap gampang. 

Pengkonversian dilakukan secara online, dan kelebihan dari Google Docs bisa diakses kapan saja, yang penting online. Berbagai perangkat yang mendukung, diantaranya HP, laptop, dan tablet.

Langkah Langkah Mengkonversi Dokumen File ke Google Docs  

Google Docs sendiri merupakan salah satu aplikasi yang disediakan oleh Google yang mengedit dan mendokumentasikan apapun dalam bentuk dokumen Microsoft Word secara online.

Salah satu kelebihannya adalah Anda dapat mengaksesnya dari mana saja, kapan saja, serta dapat menggunakan berbagai perangkat yang mungkin berbeda dengan sebelumnya. Anda pun dapat membagikannya dengan orang lain yang memiliki kepentingan sama, tanpa harus melibatkannya yang lainnya. Lebih praktis dibandingkan dengan membawa flashdisk atau hardisk.

Baca Lainya:  Macam-Macam Kamera Dan Harganya

Unggah Dokumen

Sebelum melakukan konversi, Anda harus mengunggah dokumen tersebut. Ikutilah langkah-langkah mengkonversi dokumen file ke Google Docs agar Anda dapat menggunakannya bersama dengan tim yang lain.

  1. Bukalah google Drive Anda dari perangkat yang akan digunakan. Bisa PC, laptop, ataupun telepon genggam.
  2. Selanjutnya Anda akan melihat tombol Go To Google drive. Tekan dan masuklah ke dalam akun Google anda yang aktif.
  3. Klik kanan pilihan “New”
  4. Anda akan melihat beberapa pilihan. tekan “File Upload”. Pilihan ini digunakan jika hanya akan mengunggah satu dokumen saja. Jika Anda berniat untuk mengunggah satu folder, pilihlah “Folder Upload”
  5. Lalu, arahkan file atau folder yang akan Anda upload. Pilihlah Open. Secara otomatis proses akan berjalan.

Mengkonversi File Dokumen

Setelah file tersebut diunggah, setiap orang yang Anda bagikan tautannya dan memiliki izin sebagai editor dapat melakukan perubahan pada dokumen tersebut. Namun, untuk mengeditnya secara online pada Google Docs diperlukan satu langkah lagi pengkonversian menjadi format yang dapat dikenali oleh sistem.

  1. Bukalah Google Docs Anda
  2. Klik dua kali pada dokumen Word yang akan diedit baik sendiri maupun oleh tim
  3. Kemudian pilihlah opsi Google Docs dari menu drop-down Open With. 
Baca Lainya:  Langkah Mudah Membuka Google Spreadsheet, Pemula Harus Tahu!

Anda akan mengenali dokumen tersebut karena akan dikenakan label .DOCX yang ada di sebelah dokumen tersebut. Dengan demikian, Anda akan tahu bahwa formatnya adalah Microsoft Word

Untuk mengkonversinya. lakukanlah pilih File lanjutkan dengan Save as Google Docs. Anda akan melihat tampilan dokumen baru yang terbuka pada jendela terpisah dari yang sebelumnya. Sehingga, Anda kini memiliki dua versi dokumen, satu dalam .DOCX dan yang lainnya adalah Google Docs yang baru.

Baca Lainya:  Perhatikan 3 Urutan Berkas Lamaran Kerja Via Email Agar Lamaran Lolos

Dengan mengikuti langkah-langkah mengkonversi dokumen file ke Google Docs di atas, Anda dapat langsung mengunggah dokumen yang diperlukan. Selanjutnya melakukan revisi, dan lain sebagainya dari mana saja sesuai dengan kebutuhan. Sangat cocok untuk dimaksimalkan pada masa pandemi ini.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.