Pengertian dari Aplikasi Google Docs dan Cara Kerjanya

Aplikasi Google Docs

Jadiberkah.com – Terdapat fitur Google Docs, yang mana membantu para pekerja online untuk menata dan membuat dokumennya. Sekaligus, penyimpanan yang ada juga terjamin walaupun dalam bentuk online, internet. Aplikasi Google Docs memiliki perang cukup penting. 

Aktivitas digital ini sangat diperlukan mengingat, kebutuhan akan digital juga semakin banyak. Pembuatan dokumen bisa dilakukan secara bersama-sama dan melakukan revisi bisa mengundang lebih dari satu akun Gmail.

Aplikasi gratis ini tidak kalah dengan aplikasi sejenis terdahulu, yaitu Ms. Word, jika dilihat dari fungsinya. Semua kalangan bisa menggunakan ini jika tahu tata cara kerjanya. Maka kita perlu tahu, langkah-langkah penggunaan, dan cara pengerjaannya.

Apa Itu Aplikasi Google Docs?

Aplikasi Google Docs adalah aplikasi berformat web bawaan Google yang bisa Anda akses tanpa biaya. Tujuan utama dari pembuatan aplikasi ini adalah layanan pengelolaan dan berbagi dokumen serta data. Memanfaatkan penyimpanan Google Drive sehingga data dan dokumen akan sepenuhnya tersimpan dalam Cloud atau memori online.

Baca Lainya:  Bagaimana Langkah-langkah Mengkonversi Dokumen File ke Google Docs? Ini Langkah-Langkahnya

Layanan utama dari Google Docs adalah penyediaan sarana pembuatan, penyimpanan, penyuntingan (edit) dan pengelolaan dokumen dan data. Khusus untuk data, Google menyediakan media berupa spreadsheet atau layar kolom untuk memudahkan pengelolaan.

Bagaimana Cara Menjalankan Aplikasi Ini ?

Bila Anda familier dengan layanan pengelolaan data dan dokumen besutan Microsoft seperti Ms Word dan Ms Excel, Anda juga pasti akan cukup fasih menjalankan aplikasi ini. Karena Anda akan menemukan banyaknya kemiripan antara kedua layanan tersebut.

Anda bisa leluasa untuk mengimpor data, menyalin, dengan rangkaian formula, fonts dan layanan gambar yang dapat dikatakan hampir sekelas. Sehingga Anda dapat menjalankan aplikasi ini dengan sama mudahnya dengan layanan yang biasa Anda kenal.

Hanya saja yang membuat Aplikasi Google Docs ini special adalah sistem penyimpanannya yang menggunakan sistem cloud, dalam hal ini tentu saja tersimpan dalam Google Drive.

Karena tersimpan dalam Google Drive, Anda bisa berbagi data dan dokumen dengan tim kerja Anda, dengan mitra Anda bahkan bisa mengirimkannya dengan klien Anda. Anda juga bisa menggarapnya dari perangkat berbeda asalkan akun Google Anda aktif di perangkat tersebut.

Baca Lainya:  Video Beredar,Tidak Disangka Galuh Mas Karawang Ternyata

Tidak berhenti di sana, layanan aplikasi besutan Google ini juga akan memudahkan Anda untuk mengerjakan dokumen dan data secara bersama dengan tim Anda. Cukup Anda membagi hak edit kepada pihak pihak terkait. Bahkan Anda juga dimungkinkan memindahkan kepemilikan dokumen kepada pihak lain.

Dimana Letak Aplikasi Google Docs?

Untuk membuka aplikasi Google Docs Anda perlu mengaktifkan dulu akun Google Anda. Layanan aplikasi web ini dengan bebas bisa Anda akses dengan Anda memiliki akun Google.

Bila Anda membukanya dengan desktop, Anda cukup mengklik sudut kanan bertanda titik 9 dari layar muka Google, Coba scroll ke bawah untuk menemukan Logo Docs berbentuk kotak biru atau Logo Spreadsheet berbentuk kotak hijau.

Baca Lainya:  Begini Cara Menggunakan Google Docs di HP dan Kegunaannya

Namun bila Anda membuat aplikasi Google Docs ini dari ponsel, Anda perlu menginstal aplikasi ini terlebih dulu dari Playstore. Baru Anda bisa beraktivitas di dalam aplikasi dengan leluasa. Cara mudah untuk mengelola data dan dokumen Anda secara digital bukan?

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.