Lulusan IPA Bisa Masuk Jurusan Apa Saja? Ini 12 Jurusan yang Bisa Kamu Pilih!

Jadiberkah.com – Siswa MIPA yang baru lulus sekolah akan merasa bingung untuk meneruskan kuliah sehingga muncul pertanyaan anak IPA bisa masuk jurusan apa saja? Kebingungan tersebut adalah hal yang wajar karena memahami dengan pasti jurusan apa yang sebaiknya dipilih. 

Pemilihan jurusan kuliah yang tepat sangat diperlukan karena terkait dengan dunia kerja kedepannya. Jangan sampai sudah masuk sebuah universitas lalu Anda mengundurkan diri dan memilih jurusan lain yang dirasa cocok.

Hal ini akan membuang-buang waktu dan uang. Di bawah ini gambaran bagi anak IPA untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya dan prospek kerjanya.

Lulusan IPA Bisa Masuk Jurusan Apa di Universitas

Lulusan IPA bisa masuk jurusan apa saja? Banyak jurusan yang bisa Anda pilih bagi yang menyukai dunia MIPA. Di antara jurusan MIPA tersebut seperti di bawah ini :

Jurusan Matematika dan IPA (MIPA) 

Anda yang menyukai ilmu berhitung bisa masuk jurusan MIPA. Jangan lupa tekun belajar untuk meraih cita-cita. Prospek kerjanya bisa menjadi Staff atau Tim Lapangan Pertambangan dan Perminyakan. 

Kedokteran 

Jurusan kedokteran memang banyak peminat karena permintaan dari lulusan kedokteran selalu meningkat. Anda pun mudah untuk mendapat pekerjaan setelah lulus kuliah. Prospek kerja dari jurusan ini adalah sebagai dokter umum, ahli gizi, konsultan kesehatan dan kecantikan. 

Desain Komunikasi Visual, Desain Interior, dan Arsitek

Anak IPA tidak hanya berhubungan dengan sains dan logika. Namun Anda bisa memilih jurusan desain Komunikasi Visual atau DKV, Desain Interior, atau Arsitek.

Jurusan ini bisa dipilih oleh anak IPA yang menyukai jurusan seni sehingga kreatifitas otak kanannya akan muncul dan terlatih. Prospek kerjanya sebagai Desainer Grafis, Desainer Interior, dan Arsitek.

Agribisnis atau Pertanian

Sekarang ini banyak lulusan IPA yang tertarik dengan Agribisnis atau pertanian karena mempunyai prospek karir yang bagus. Ilmu ini difasilitasi oleh IPB (Institut Pertanian Bogor). Prospek kerjanya sebagai ahli pertanian atau konsultan pertanian. 

Jurusan Farmasi

Anda yang menyukai dunia kesehatan bisa memilih jurusan farmasi. Prospek kerjanya sebagai suster, ahli farmasi, Perawat, dan Staf Kesehatan. 

Jurusan Batra

Bagi Anda yang menyukai obat-obat tradisional bisa memilih jurusan ini. Prospek kerjanya yaitu ahli pembuat obat tradisional dan Staf Laboratorium. 

Jurusan Teknik

Jurusan teknik dalam dunia IPA banyak cabangnya. Anda bisa memilih salah satu jurusan teknik sesuai minat yang dimiliki. 

Teknik Sipil

Teknik Sipil merupakan jurusan banyak pesaing. Pasalnya jurusan ini banyak dibutuhkan sehingga prospek kerjanya banyak seperti kontraktor. 

Teknik Elektro

Jurusan Teknik Elektro juga banyak peminatnya karena barang elektronik sangat dibutuhkan masyarakat. Prospek kerja di masa depan bisa menjadi operator atau vendor.

Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Fisika 

Lulusan IPA juga bisa memilih jurusan ini, sebab lulusan dari jurusan Teknik Fisika, Teknik Industri, dan Teknik Fisika sangat diperlukan pemerintah. Hal ini karena pemerintah terus membangun PLTU dengan kapasitas 10.000 MW. 

Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Perusahaan banyak membutuhkan lulusan IT baik Fasilkom,  IF atau yang ekuivalen. Lapangan kerja untuk jurusan ini terbuka lebar karena perkembangan teknologi sangat cepat sekali. Prospek kerjanya yaitu IT, Maintenance, dan Web Designer.

Teknik Nuklir

Universitas yang membuka jurusan ini sedikit di antaranya adalah UGM. Lulusan jurusan ini diperlukan oleh beberapa negara, terutama negara maju. Setelah itu, Anda bisa memajukan Indonesia. 

Banyak jurusan penting di universitas atau perguruan tinggi yang bisa dipilih oleh anak IPA. Anda pun tidak bingung lagi dengan bertanya anak IPA bisa masuk jurusan apa saja?

Baca Lainya:  Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa dari Internet, Gak Ada Salahnya Dicoba!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.