4 Keuntungan Masuk Jurusan IPS yang Belum Banyak Diketahui, Nomor 3 Paling Seru!

Jadiberkah.com – Salah satu jurusan bagi siswa berjiwa sosial di sekolah menengah adalah IPS, tetapi ada pertanyan apa keuntungan masuk jurusan IPS? Banyak yang Anda dapatkan jika memilih jurusan tersebut baik secara sosial maupun secara finansial.

Secara sosial Anda banyak mempelajari kemasyarakatan sehingga punya cara mudah untuk berkomunikasi. Secara finansial Anda dapat memenej keuangan pribadi atau perusahaan.

Keuntungan Masuk Jurusan IPS

Anda mempunyai banyak keuntungan yang berhubungan dengan cara memperoleh pekerjaan dan berbisnis yaitu : 

  • Mudah Mendapat Pekerjaan

Jurusan IPS mudah mendapat pekerjaan karena banyak pengumuman yang menginformasikan lowongan kerja untuk jurusan ini. Sebagai contoh banyak iklan lowongan kerja untuk posisi akuntansi, manajemen, hukum, dan sebagainya. 

Agar ilmu yang telah di dapat selama menempuh pendidikan di sekolah menengah semakin terasah maka Anda bisa melanjutkan ke D3, D4, atau S1. Dengan begitu, Anda semakin paham dalam aplikasi ilmu IPS yang telah didapat selama sekolah menengah tersebut. 

  • Jurusan yang Sedikit Pesaing

Keuntungan masuk jurusan IPS berikutnya yaitu sedikit saingan. Anda tidak perlu khawatir tidak kebagian kuota kelas atau jurusan di universitas. Hal ini karena biasanya di sekolah menengah lebih banyak yang memilih jurusan IPA.

Misalnya dari 12 kelas yang tersedia maka pemilih jurusan IPA sebanyak 8 kelas dan jurusan IPS terisi 4 kelas. Dengan begitu, Anda mempunyai sedikit saingan. Kesempatan untuk diterima di universitas jurusan favorit pun sangat besar.  

  • Jurusan Kuliah Beragam

Anak IPS mempunyai banyak jurusan kuliah baik di universitas maupun Perguruan Tinggi.  Daya tampung perkuliahan pun besar dengan bangun gedung yang mewah. Hal ini membuat Anda punya kesempatan besar untuk diterima menjadi calon mahasiswa di universitas jurusan IPS.

Di samping itu, jurusan IPS mempunyai relasi yang banyak sehingga sangat mudah untuk mendapat pekerjaan. Ya salah satu cara untuk mudah diterima kerja dengan mempunyai relasi sebanyak-banyaknya. 

  • Calon Bisnisman

Anak jurusan IPS merupakan calon-calon pengusaha sukses setelah lulus dari sekolah menengah. Hal ini karena mereka mendapatkan pelajaran ekonomi dan sosiologi. 

Kedua pelajaran tersebut merupakan kunci sukses anak IPS jika ingin menjadi pengusaha kelak. 

Pasalnya, dalam kedua ilmu tersebut diajarkan untuk memahami perilaku masyarakat mengenai penawaran dan permintaan. Dua ilmu itu juga sebagai pondasi bagi anak IPS untuk mengembangkan jiwa entrepreneur-nya kelak. 

Ilmu yang Memahami Sosial Kemasyarakatan

Jawaban untuk pertanyaan apa keuntungan masuk jurusan IPS adalah ilmu yang memahami sosial kemasyarakatan. Ilmu ini bisa dipakai dalam kehidupan sehari-hari seperti : 

  • Ilmu Dinamis dan Digunakan dalam Kehidupan Sehari-hari

Demikian pula ilmu ekonomi dan akuntansi membuat Anda pandai mengatur keuangan atau mengatur cash flow sehingga bisa lebih hemat secara finansial. 

IPS juga merupakan ilmu dinamis karena perilaku masyarakat akan berubah dari waktu ke waktu. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat. 

  • Memahami Perilaku Sosial Masyarakat

Ilmu sosiologi membuat Anda menjadi lebih bijak dalam berkomunikasi dengan masyarakat. Hal ini karena sosiologi mengajarkan semua aspek kehidupan dalam masyarakat. 

  • Punya Jiwa Sosial Tinggi

Dari dulu, anak IPS terkenal dengan jiwa sosialnya yang tinggi daripada anak jurusan lainnya. Hal ini karena Anda selalu berhubungan dengan ilmu sosial kemasyarakatan. Jika jurusan lain terkenal dengan keindividualisannya maka Anda terkenal dengan jiwa sosialnya. 

Anak-anak IPS merupakan orang-orang kreatif yang berjiwa seni tinggi, berjiwa sosial tinggi, pandai berkomunikasi, dan sebagai calon-calon entrepreneur. Itulah diantara jawaban untuk pertanyaan apa keuntungan masuk jurusan IPS?

Baca Lainya:  Jurusan IPS di SMA Bisa Jadi Apa? Inilah Pilihan Profesinya

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.