Intip 9 Cita-Cita Apa yang Cocok Untuk Anak IPS, Salah Satunya Content Writer

Jadiberkah.com – Anak IPS dulu sering dilabeli sebagai jurusan terbelakang. Padahal kenyataannya justru jurusan ini banyak melahirkan pemimpin hebat. Lalu cita-cita apa yang cocok untuk anak IPS yah?

Di zaman milenium ini, beragam profesi memungkinkan untuk setiap orang dengan latar belakang apapun. Penggolongan berdasarkan IPA atau IPS masih bisa menjadi pedoman, tapi bukan lagi penentu utama.

Namun demikian, sebaiknya ditetapkan dari sekarang apa yang menjadi cita-cita mereka yang sudah memilih jalur IPS. Oleh karena memiliki rencana yang matang terbukti selalu lebih baik untuk masa depan.

Nah, berikut ini mari kita simak profesi masa depan jurusan IPS.

Cita-Cita Apa yang Cocok Untuk Anak IPS, Berikut Listnya!

Di zaman milenium ini banyak profesi baru yang tidak terbayangkan sebelumnya. 

Apa saja profesi baru yang sesuai dengan anak dari jurusan IPS dan profesi apa yang selamanya selalu menjadi cita-cita anak jurusan IPS. 

Banyak profesi zaman now yang sangat dikuasai anak jurusan IPS. Mereka yang tidak suka eksakta biasanya cenderung kreatif dan lebih fleksibel dalam berpikir. 

Berikut profesi dan cita-cita yang cocok untuk anak dari jurusan IPS yang cocok untuk Anda, antara lain:

  • Content Writer

Content writer adalah penulis konten. Konten di dunia komunikasi digital adalah isi suatu platform atau akun digital. Pekerjaan seorang adalah menulis sesuai pesanan atau yang relevan dengan apa yang diusung oleh platform atau akun tersebut.

Content writer tidak hanya bekerja untuk artikel website besar. Tetapi website kecil dan akun online shop Instagram pun sekarang membutuhkan seorang content writer professional. Fee mereka lumayan lho, sebandinglah dengan kerja keras mereka yang harus kreatif dalam setiap tulisan.

  • Sarjana Hukum

Persoalan hukum menjadi hal penting semenjak kesadaran hukum makin meningkat. Prospek kerja sarjana hukum tidak hanya menjadi pengacara. Tetapi juga melebar ke bidang kenotariatan dan menjadi politisi. 

Sedangkan pengacara sendiri, bukan hanya untuk kasus di pengadilan, tetapi juga sebagai pihak perwakilan keluarga. Pengacara keluarga adalah sesuatu yang lazim di zaman sekarang ini. Ruang lingkupnya adalah penanganan hukum perdata maupun pidana.

  • Ahli ekonomi (bisnis dan manajemen)

Terdapat banyak cita-cita yang cocok untuk anak IPS yang digolongkan sebagai ahli ekonomi. Yaitu akuntan, analis data perusahaan, analisis resiko keuangan, aktuaris, perencana keuangan, dan peran lain di sektor publik.

Ahli ekonomi juga berpotensi besar untuk menjadi seorang CFO dan CEO yang merupakan pemimpin banyak perusahaan besar.

  • Psikologi

Psikolog haruslah orang yang sabar dan penuh rasa ingin tahu. Profesi ini sangat mulia dan cocok untuk mereka yang suka mempelajari kejiwaan. Psikologi tidak hanya mencetak profesi psikolog tapi bisa juga bekerja di HRD, market research, dan peneliti.

  • Jurnalistik

Karakter berani dan memiliki kemampuan menulis yang baik adalah suatu keharusan. Cita-cita yang cocok untuk anak IPS yang dihasilkan jurnalistik adalah wartawan berbagai media, editor, kopi editor, penulis, dosen, analis media dan peneliti.

  • Politik

Ilmu politik hari ini tIdak akan langsung menjadikan lulusannya seorang politisi. Profesi yang menggunakan dasar ilmu politik adalah peneliti analis politik dosen, aktivis LSM jurnalis politik dan Humas.

  • Hubungan Internasional

Profesi yang dijalani lulusan pendidikan ini yang populer adalah menjadi diplomat, analis politik luar negeri,  jurnalis, dosen, dan PNS.

  • Sastra

Fakultas sastra di Indonesia banyak membuka kesempatan untuk mempelajari bahasa lain selain Indonesia dan Inggris. Ada bahasa Mandarin, Korea, Jepang, Rusia, Perancis, Jerman, bahkan bahasa Jawa. Profesi bagi lulusannya adalah penerjemah, bekerja di media, guru, dosen, dan bekerja di kedubes.

  • Ilmu komunikasi

Dulu ilkom hanya melahirkan profesi dibidang broadcasting dan marketing. Namun sekarang Ilkom juga mencetak cita-cita yang cocok untuk anak IPS  untuk berperan dalam marketing digital dan media digital. Bisa sebagai konten kreator, script writer, dsb.

Baca Lainya:  Amankan Karirmu dengan Tahu Apa Bedanya SMA Jurusan IPA dan IPS?

Sebenarnya masih ada lagi cita-cita yang cocok untuk anak IPS. Terutama di sektor informal/seni seperti fashion desain, penyanyi, pelukis, illustrator dll.

Atau profesi milenial yang tumbuh akibat perkembangan media digital seperti Youtuber, endorse, tik tok, dan lain-lain yang membutuhkan fleksibilitas anak IPS.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.