Benarkah Anak IPS Susah Cari Kerja? Berikut Faktanya!

Jadiberkah.com – Masa sekolah adalah masa yang tidak terlupakan, apalagi kenangan bersama teman-teman. Namun, kelulusan adalah hal yang dinantikan. Apalagi saat akan masuk dunia kerja. Tetapi, benarkah anak IPS susah cari kerja? Pernahkah Anda mendengar pertanyaan tersebut?

Pertanyaan ini bahkan hingga sekarang masih terus bergulir. Padahal faktanya ada banyak sekali bidang pekerjaan yang bisa digeluti meski Anda anak jurusan IPS. Berikut beberapa prospek pekerjaan untuk lulusan IPS. 

Benarkah Anak IPS Susah Cari Kerja? Ini Peluang Usaha yang Harus Anda Ketahui

Masuk ke dunia kerja pertama kali tentunya akan sangat mendebarkan bagi sebagian orang. Apalagi keahlian yang didapat dari sekolah cukup terbatas. Namun, anak IPS juga bisa lho mendapatkan pekerjaan yang layak. Diantaranya ialah;

1. Pramugari/ Pramugara

Peluang kerja bagi anak IPS pertama ialah pramugari atau Pramugara. Sebab, minimal syarat ialah lulusan SMA. Bagi para lulusan IPS dinilai memiliki nilai lebih karena pekerjaan ini akan menuntut banyak sekali interaksi.

Anda bisa meningkatkan skill dengan mengikuti beberapa tambahan pendidikan. Sehingga nantinya Anda bisa memenuhi kualifikasi tersebut. Untuk pemasukan, profesi ini diklaim memiliki gaji yang lumayan besar. 

2. Sales

Meski kerap kali dipandang sebelah mata, karena syarat dengan latar belakang pendidikan yang kurang detail. Namun, hal ini bisa jadi peluang bagi anak IPS. Sales yang memiliki jobdesk memasarkan sebuah produk, tentu akan lebih mudah dilakukan. Apalagi, banyak kisah sukses dibalik pekerjaan tersebut.

Bahkan, sales di zaman sekarang banyak yang memanfaatkan teknologi dalam jaringan. Anda tak perlu capek-capek keluar rumah untuk menjual produk. Berbekal internet, kini online shop makin ramai. Anda mau menjajalnya? 

3. Content Writer

Benarkah anak IPS susah cari kerja? Nah, jawaban ketiga ini juga bisa Anda coba. Profesi penulis artikel atau content writer bisa Anda lakukan. Baik secara full time maupun freelance. Anda bisa mulai dengan menulis di blog pribadi yang Anda buat.

Blog ini bisa jadi modal portofolio Anda untuk mendapatkan klien. Untuk gaji, biasanya akan bertambah seiring berkembangnya skill juga jam terbang Anda.

4. Polisi

Prospek pekerjaan keempat ini juga cukup besar buat anak IPS. Apalagi profesi ini terbuka bagi seluruh lulusan atau golongan. Terlebih, ilmu sosial berhubungan erat dengan masyarakat. Dengan terjun sebagai anggota kepolisian, Anda bisa menerapkan ilmu-ilmu yang didapatkan.

Ditambah lagi, proses masuk sebagai polisi makin gampang. Yakni, dengan bantuan Website resmi yang telah tersedia. Syarat untuk jadi polisi antara lain; 

  • Sehat jasmani dan rohani
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Tidak terlibat kejahatan juga pidana
  • Bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa

Dan lain sebagainya.

5. Customer Service

Peluang kerja kelima untuk anak IPS ini ialah customer service. Anak IPS yang cenderung mudah bersosialisasi, kemungkinan cocok dengan pekerjaan ini. Apalagi bagi Anda yang suka dengan dunia kerja semacam ini. 

Tahu, bukan? Customer service melayani juga menghandle beberapa keluhan pelanggan. Termasuk memberikan solusi atas masalah yang dihadapi.

Profesi ini juga dinilai memiliki persentase yang cukup tinggi. Sebab, banyak perusahaan dari berbagai macam bidang pasti memiliki customer service. Sehingga peluang untuk bisa mendapatkan profesi ini juga lebih besar.

Dari kelima jenis pekerjaan ini manakah yang pas di hati Anda. Jadi, benarkah anak IPS susah cari kerja? Jawabannya tentu tidak.

Baca Lainya:  10 Rekomendasi Cita-Cita Untuk Jurusan IPA yang Wajib Dipertimbangkan!

Anda bisa mencoba melamar beberapa jenis pekerjaan tersebut. Yang terpenting adalah niat dan usaha. Semoga Anda mendapat pekerjaan yang sesuai dengan impian Anda ya.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.