Coba Cek Jurusan Bahasa Ada Bahasa Apa Saja Yang Ada Di SMA?

Jadiberkah.com РJurusan IPA dan IPS sudah cukup  populer di masyarakat. Namun masih banyak yang memandang sebelah mata pada jurusan Bahasa. Padahal ilmu yang dipelajari di jurusan ini tidak kalah menarik, loh. Terutama pelajaran bahasa asingnya. Kira-kira jurusan Bahasa ada bahasa apa saja yang ada di SMA? Ayo cari tahu.

Di jurusan Bahasa para siswa akan belajar bermacam-macam ilmu. Dari bahasa asing, bahasa daerah hingga antropologi. Tentu tidak ada ilmu alam atau ilmu sosial lanjutan, namun bukan berarti jurusan Bahasa tidak keren.

Belajar Apa Saja di Jurusan Bahasa?

Pelajaran umum di jurusan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan dua jurusan lainnya. Yaitu Bahasa Indonesia, Matematika Dasar, Sejarah Indonesia, PPKn, PJBO dan Bahasa Inggris. Namun untuk pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris akan dipelajari lebih dalam lagi. 

Nah, untuk pelajaran tambahannya adalah Antropologi, Sastra Indonesia dan bahasa asing. Berikut ini adalah penjelasan dari jurusan bahasa yang ada di SMA.

Antropologi

Antropologi adalah ilmu tentang manusia. Mempelajari tentang budaya, keragaman, sosial kemasyarakatan, agama, dll. Ilmu ini adalah cabang dari ilmu sosial.

Mempelajari antropologi akan meningkatkan pengetahuan tentang manusia dan lingkungannya, membangun rasa empati dan menghormati, serta mengenali keragaman manusia di dunia.

Sastra Indonesia

Berbeda dengan mapel Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia lebih terfokus pada karya seni literasi dalam bahasa Indonesia. Di sini akan dipelajari jenis, ciri, serta sifat karya sastra Indonesia. Termasuk para sastrawan dan penggerak literasi dari masa ke masa.

Bahasa Asing dan Bahasa Daerah

Nah, pada pelajaran ini bukan hanya bahasa Inggris saja yang dipelajari. Namun juga bahasa asing lain seperti bahasa Perancis, Jepang, Korea, Mandarin, Jerman, Arab, Belanda, dll. Masing-masing sekolah memiliki mapel bahasa asing yang berbeda-beda.

Begitupun dengan mapel Bahasa Daerah. Sekolah yang berada di pulau Jawa umumnya mengajarkan bahasa Jawa, Sunda dan Jawa Kuno. Sementara di Sumatera umumnya diajarkan Arab Melayu, Minang dan Batak.

Sehingga jika ditanyakan, jurusan bahasa ada bahasa apa saja yang ada di SMA? Jawabannya beragam. Tergantung sekolah itu sendiri. Banyak-banyaklah mencari informasi sebelum memutuskan untuk memilih sekolah tersebut. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.