Mau Melanjutkan ke SMA? Berikut Jurusan yang aAda di SMA!

Jadiberkah.com – Bagi Anda  yang akan lulus dari SMP tentu saja sedang melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA. Bagi Anda yang masih bingung dengan sebutkan  jurusan yang ada di SMA, yuk, simak penjelasan tentang macam-macam jurusan tersebut.

Pendidikan setara dengan SMA terdiri dari dua  jenis, yaitu SMA dengan pendidikan umum dan SMA dengan pendidikan keterampilan. SMA  umum artinya peserta didik akan mendapatkan muatan yang umum dan tidak berfokus pada keterampilan.

Sebaliknya dengan SMK Kejuruan. Peserta didik akan mendapatkan sebagian kecil muatan  umum,  namun  porsi keterampilannya akan lebih besar, sehingga lulusannya akan menjadi tenaga terampil.

Bisa sebutkan  jurusan apa saja yang ada di SMA?

Anda dapat menyimak penjelasan berikut ini, agar nanti jika ada yang bertanya sebutkan  jurusan yang ada di SMA? Anda dapat menjawabnya dengan tegas.

Baca Lainya:  Bagaimana Cara memilih Jurusan di SMA? Berikut Tipsnya!

Jurusan 

jurusan yang ada di SMA

Jurusan pada tingkat SMA terdiri dari tiga bagian. Pembagian jurusan ini berdasarkan jenis  muatan yang dipelajari. Setiap jurusan tidak akan mempelajari muatan yang sama, kecuali untuk muatan umum, seperti Bahasa Indonesia, PPKn, Olahraga, dan  Sejarah.

Jurusan IPA

Jurusan pertama adalah IPA. Setelah Anda  naik kelas, dari kelas  10 menuju kelas 11, Anda akan mengikuti tes penempatan. Hasil tes tersebut akan menentukan jurusan apa yang akan Anda pelajari di kelas selanjutnya.

Jurusan IPA akan menuntut Anda mempelajari muatan yang bersinggungan langsung dengan ilmu pengetahuan atau sains. Anda akan mempelajari lebih banyak muatan Fisika, Kimia, dan Biologi ditambah dengan materi matematika,

Baca Lainya:  Bolehkah sahur setelah adzan subuh berkumandang

Jurusan IPS

Jurusan Yang kedua adalah IPS. Pada jurusan ini, Anda akan lebih banyak mempelajari muatan yang berhubungan langsung dengan ilmu sosial. Jurusan IPS mempunyai mata pelajaran peminatan, diantaranya adalah Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.

Jurusan Bahasa

Jurusan ini tergolong jarang ada di SMA. Hanya SMA tertentu yang menyelenggarakannya. Jurusan ini memfokuskan pada keahlian berbahasa, entah bahasa Indonesia maupun bahasa Asing lainnya. Selain itu juga, jurusan ini mempelajari tentang kebudayaan.

Untuk Anda lulusan SMP yang akan melanjutkan ke  tingkat SMA, semok artikel ini menjawab pertanyaan tentang  sebutkan  jurusan apa saja yang ada di SMA. Masih ada waktu untuk memutuskan Anda mau masuk jurusan SMA yang seperti apa.

Baca Lainya:  Begini Cara Membuat Gambar NFT di Open Sea yang Mudah

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.