Jadi Polisi Harus Lulusan Apa? Buat Ada yang Ingin Menjadi Polisi Wajib Baca!

Jadiberkah.com – Untuk Anda yang ingin menjadi polisi apakah sudah mengetahui syarat-syaratnya? Pasti terlintas di benak Anda jika ingin jadi polisi harus lulusan apa? Apakah hanya jurusan tertentu saja yang dapat diterima pada penerimaan kepolisian?

Institusi kepolisian sendiri mempunyai syarat khusus dan umum untuk setiap calon polisinya. Namun, dengan banyaknya unit pada institusi ini, tentu saja  tidak menutup beragamnya lulusan sekolah untuk menjadi polisi.

Syarat-syarat Jadi Polisi Harus Lulusan Apa?

Untuk menjadi polisi terdapat 6 jalur yang mempunyai syarat-syarat tersendiri.  Setiap jalur mempunyai kekhasannya sendiri. Simak penjelasanya jadi polisi harus lulusan apa?

Akademi Kepolisian

Akademi ini dijalani selama 4 tahun. Lulusan sekolah Akademi kepolisian ini nantinya akan berpangkat Inspektur polisi dua. Minimal lulusan adalah SMA/Sederajat dan bukan lulusan kejar paket A,B, atau C.

Baca Lainya:  Nggak Pake Ribet! Ini 3 Cara Membuat Google Form Untuk Kuesioner

Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana

Jalur penerimaan ini menuntut calon polisi minimal telah lulus S1  dengan jurusan tertentu. Pada jalur penerimaan ini  menuntut Anda memiliki latar belakang lulusan S2 profesi kedokteran Forensik, S2 Profesi Psikologi, S1 Profesi Kedokteran Umum, S1 profesi kedokteran gigi.

Juga menerima S1 Desain grafis, Di Hubungan Internasional, S1 Ilmu Hukum baik pidana maupun perdata, S1 Ilmu Komunikas/Jurnalistik, S1 Ilmu Komunikasi (public Relation), S1 Ilmu Sejarah/Pendidikan Sejarah, S1 Kurikulum Pendidikan atau Teknologi Pendidikan dan S1 Sistem Informasi,

Tamtama

Lulusannya akan melaksanakannya tugas teknis dan praktis Brimob.Syarat lulusan untuk menempuh jalur ini adalah lulusan SMA IPA/IPS/Bahasa atau SM yang berkaitan dengan kepolisian. SMK Jurusan tata busana, tata boga, dan tata rias tidak termasuk.

Baca Lainya:  Berapa Gaji Polisi Per Bulan

Bintara

Jalur ini akan menghasilkan Brigadir Polisi  dua..Syarat lulusan untuk menempuh jalur ini adalah lulusan SMA IPA/IPS/Bahasa atau SM yang berkaitan dengan kepolisian. SMK Jurusan tata busana, tata boga,  dan tata rias tidak termasuk.

Bintara TI

Lulusan jalur ini akan mendapatkan tugas khusu di divisi Teknologi. Lulusan  sekolah yang diinginkan adalah lulusan SMA/SMK dengan keahlian TI.

Bintara Musik

Lulusan jalur ini akan bertugas pada berbagai acara kepolisian yang melibatkan musik.Lulusan yang diinginkan adalah lulusan SMK Seni Musik.

 

Dengan pembahasan di atas, semoga menjawab pertanyaan Anda tentang  jadi polisi harus lulusan apa? Tinggal bagi Anda mempersiapkan diri untuk memasuki setiap jalur penerimaan kepolisian.

Baca Lainya:  Lulusan SMK Bisa Jadi Polisi? Simak Informasi Berikut Ini

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.