Apakah Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Bisa Langsung Kerja? Simak Tips Berikut Ini

Jadiberkah.com – Apakah lulusan Sekolah Menengah Kejuruan bisa langsung kerja? Kementerian perindustrian mendorong tenaga kerja yang terampil dengan mengeluarkan Peraturan Menteri berkaitan dengan SMK berbasis kompetensi. Menindaklanjuti keputusan tersebut, program sekolah kejuruan berbasis kompetensi digiatkan.

Menghadapi kebutuhan tenaga kerja manufaktur yang meningkat sejak tahun 2016 dengan rata-rata 400 ribu orang per tahun. Pendidikan di sekolah kejuruan menerapkan konsep menyiapkan tenaga kerja terampil.

Untuk mendukung konsep tersebut, SMK menyediakan kebutuhan minimum untuk praktikum, diantaranya workshop dan laboratorium. Pemenuhan guru terus digenjot pada bidang studi yang produktif.

Fasilitas praktek kerja disesuaikan dengan program keahlian. Infrastruktur pembimbing PKL atau magang juga akan diberikan sertifikat sebagai tanda telah memiliki keahlian.

Baca Lainya:  Berapa Gaji Perusahaan Kontraktor

Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Bisa Langsung Kerja, Ini Jawabannya

sekolah menengah kejuruan

Seseorang mendapat pekerjaan bukan karena dinilai dari ijazah saja. Apakah lulusan SMK bisa langsung kerja? Anda bisa mengikuti tips berikut ini:

Menguasai Ilmu Jurusan

Tren untuk bisa bekerja di zaman milenial ini salah satunya adalah menguasai ilmu yang telah diterima di jurusan yang telah dipilih. Ilmu yang didapat menjadi kunci utama dan akan menjadi bekal di dunia kerja yang akan dihadapi.

Jangan membuang waktu untuk hal yang tidak penting. Siswa SMK harus memanfaatkan waktu 3 tahun untuk menguasai materi yang telah diberikan.

Ruang Lingkup Pertemanan

Teman juga berpengaruh untuk mendapatkan informasi lapangan pekerjaan. Semakin banyak teman, untuk mendapat informasi pekerjaan akan semakin besar. Menjadi pribadi yang menyenangkan, maka teman akan senang dan bersedia berbagi informasi.

Baca Lainya:  Liga Idul Fitri Cup Desa Wonokromo,Alian

Percaya Diri dan Optimis

Teruslah memandang masa depan dengan optimis dan percaya diri. Jika menghadapi kegagalan jangan menyerah dan putus asa. Ini akan membentuk mental untuk menghadapi dunia kerja yang keras.

Mempelajari Dunia Kerja

Anda akan menghadapi dunia kerja yang jauh berbeda dengan dunia sekolah yang selama ini dijalani. Pelajari sistem dan etika di dunia kerja sebelum Anda terjun ke dunia kerja.

Apakah lulusan SMK bisa langsung kerja? Kesempatan di dunia kerja tidak hanya melihat dari ijazah, melainkan keterampilan atau keahlian juga menjadi pertimbangan.

Baca Lainya:  Mengenal Lebih Jauh Apa Saja yang Dipelajari di SMK Jurusan Tata Busana

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.