Apa Pekerjaan Setelah Lulus SMK? Ini Daftar Pekerjaan yang Bisa Anda Pilih!

Jadiberkah.com – Masih belum yakin pilih-pilih pekerjaan setelah lulus SMK. Padahal sekolah kejuruan ini mengajarkan basic skill yang pas untuk dunia kerja. Termasuk kesiapan hingga pengembangan minat dan bakat.

Namun, terkadang dunia kerja seringkali terlihat menakutkan. Lulusan fresh graduate merasa minder dan tidak percaya diri. Alhasil akan lebih banyak membuang waktu karena terlalu memilih pekerjaan. Nah, kali ini pembahasan pekerjaan yang cocok setelah lulus SMK bisa Anda simak.

5 Peluang Pekerjaan Setelah Lulus SMK 

Bagi Anda yang tengah bingung mencari kerja sana-sini namun belum juga ketemu. Berikut beberapa rekomendasinya. 

  1. Kerja Freelance

Salah satu pekerjaan yang mudah Anda lakukan ialah freelance. Pekerjaan paruh waktu yang banyak digemari milenial ini patut Anda jajal. Kelebihan pekerjaan ini ialah Anda tidak terikat. Sehingga ketika project yang Anda garap telah selesai dan dibayar, maka finish sudah.

  1. Mendirikan Perusahaan

Punya modal dan skill kepemimpinan, ulet dan disiplin. Bisa membuka atau mendirikan perusahaan. Baik dengan basis digital maupun non digital. Untuk usaha berbasis digital, Anda bisa menjadi studio game atau animasi. 

Baca Lainya:  Aries Susanti Rahayu Wanita Indonesia,Cepat seperti SPIDERMAN Mengejutkan Dunia di Ajang Panjat Tebing - IFSC World Cup 2018 di China

Dimana kedua jenis usaha ini memiliki peminat yang cukup tinggi. Sedangkan untuk bisnis non digital Anda bisa membuka kafe, toko fashion, ataupun sejenisnya.

  1. Kuliah

pekerjaan setelah lulus smk

Jika Anda masih ragu mencari pekerjaan setelah lulus SMK, ada baiknya kuliah terlebih dahulu. Kuliah ini bisa menambah skill serta pengalaman yang Anda butuhkan. Anda bisa mengambil jurusan sesuai dengan jurusan SMK Anda. Sehingga saat menjalani kuliah ini Anda akan tetap bersemangat.

  1. Jadi PNS

Jenis pekerjaan keempat ini juga bisa Anda lakoni. Hanya saja untuk menjadi PNS memiliki alur yang sedikit sulit. Namun, bukan berarti tidak ada kesempatan. Anda bisa mencoba mencari lowongan PNS dengan background lulusan SMK, di situs pemerintahan. Yang penting, sabar saja karena menjadi PNS butuh proses yang panjang.

  1. Kerja jadi Pegawai Swasta

Nah, pekerjaan kelima ini mungkin saja membuat Anda tertarik. Sebab, ada banyak sekali lowongan yang tersedia. Ada ribuan pabrik, supermarket hingga perusahaan besar yang mau menerima lulusan SMK. Apalagi gajinya juga lumayan ya.

Baca Lainya:  Lulusan SMK Farmasi Bisa Melamar Kerja Apa Saja? Ini List-nya!

Bagaimana, sudah menjatuhkan pilihan pekerjaan setelah lulus SMK? Coba saja dari kelima referensi diatas, siapa tahu Anda akan bertemu pekerjaan yang tepat dan sesuai impian.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.