Lulusan SMK Farmasi Bisa Melamar Kerja Apa Saja? Ini List-nya!

lulusan smk farmasi

Jadiberkah.com – Bagi Anda yang baru saja lulus sekolah, tentu melanjutkan jenjang perkuliahan bisa diambil. Namun, jika telah siap memasuki dunia kerja, bisa langsung terjun. Apalagi prospek kerja lulusan SMK farmasi lumayan banyak.

Meski demikian, ihwalnya harus ada jenjang pendidikan tambahan yang harus ditempuh. Sehingga skill atau keahlian yang Anda inginkan pas untuk dipergunakan. Terlebih, untuk mendapatkan gelar apoteker ya. 

Selain Apoteker Apa Saja Profesi yang Bisa Dipilih Lulusan SMK Farmasi? 

Sekolah kefarmasian tentunya memiliki kemampuan dalam bidang obat-obatan maupun medis. Dunia kesehatan faktanya juga membutuhkan tenaga-tenaga di bidang kefarmasian cukup besar.

lulusan smk farmasi

Apalagi sejak pandemi menyerang. Tentu kebutuhan akan tenaga medis kian meningkat. Berikut beberapa profesi yang bisa ditekuni bagi lulusan farmasi.

  1. Melamar di Industri Obat, Makanan dan Kosmetik

Mempunyai ilmu dasar meracik obat, Anda bisa memanfaatkannya untuk melamar di industri obat. Baik yang berhubungan langsung dengan makanan atau kecantikan. Industri-industri semacam ini banyak tersebar di Indonesia. Anda bisa browsing untuk mengetahuinya.

  1. Dosen atau Tenaga Pendidik

Prospek kerja lulusan SMK farmasi kedua ini memang terlihat menantang. Anda perlu melanjutkan ke jenjang perkuliahan terlebih dahulu untuk menjadi dosen. Namun, tetap sebanding dengan hasil yang akan Anda dapatkan.

  1. Perawat

Menjadi seorang perawat bisa Anda lakukan jika memiliki background lulusan farmasi. Setidaknya profesi ini bisa nyambung dengan skill yang Anda miliki. 

Baca Lainya:  Apa Pekerjaan Setelah Lulus SMK? Ini Daftar Pekerjaan yang Bisa Anda Pilih!
  1. Peneliti

Peneliti atau ilmuwan adalah profesi selanjutnya yang bisa Anda pilih. Profesi ini dituntut untuk memiliki skill juga ketertarikan pada eksperimen. Jika Anda memenuhi kualifikasi ini, tak ada salahnya untuk mencoba bukan? 

Apakah Harus Sekolah Di Luar Negeri?

Untuk pertanyaan ini sebenarnya relatif ya? Ada banyak sekali rekomendasi universitas jurusan kefarmasian di Indonesia. Namun, jika ingin menggali lebih banyak pengetahuan, bisa belajar ke lintas negara. 

Baca Lainya:  Bagaimana Langkah-langkah Mengkonversi Dokumen File ke Google Docs? Ini Langkah-Langkahnya

Salah satu rekomendasinya adalah di negeri Paman Sam. Jika Anda telah rampung dan mendapatkan status registered pharmacist. Akan ada sejumlah pekerjaan pilihan seperti;

  • Research pharmacist
  • Nuclear Pharmacist
  • Industrial Pharmacist
  • Oncology Pharmacist
  • Hospital Pharmacist
  • Paediatric Pharmacist
  • Infectious Disease Pharmacist
  • Academic Pharmacist

Demikianlah penjelasan prospek kerja lulusan SMK farmasi yang bisa Anda ketahui. Manakah yang pas di hati Anda?

Baca Lainya:  6 Kegiatan Hari Raya Idul Fitri Yang Selalu Dilakukan Tanpa Bosan

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.