3 Contoh Tes Psikotes Online Yang Bisa Anda Ikuti!

Jadiberkah.com – Bekerja merupakan sebuah cita cita kebanyakan orang yang telah lulus sekolah menengah kejuruan. Tetapi faktanya untuk bisa bergabung dengan sebuah perusahaan, tidak semudah yang dibayangkan. Banyak yang tidak lolos dan lulus ketika harus menghadapi berbagai jenis tes psikotes, oleh sebab itu ada contoh tes psikotes online yang bisa diterapkan.

Mengingat kondisi pandemi seperti ini, perusahaan tetap mengadakan psikotes. Tapi beda cara yang dilakukan, tidak lagi seperti umumnya kini dilakukan secara online. Berikut ini akan dibahas mengenai beragam contoh tes psikotes online yang bisa Anda pelajari.

3 Contoh Soal Tes Psikotes Online

Bicara mengenai soal ragam tes psikotes, maka yang terbayang pasti tentang beragam soal yang menjebak. Mulai dari yang berbentuk soal hitungan, soal tentang Anda yang diminta menggambarkan sebuah objek, dan lainnya. Nah keseluruhannya itu ada fungsinya masing-masing. Silakan simak uraian berikut ini :

Tes Logika Aritmatika

Pada tes psikotes jenis ini, baik secara luring maupun daring. Kuncinya adalah tetap fokus terhadap soal, jangan sampai terkecoh. Umumnya untuk tes psikotes jenis ini, pihak HRD perusahaan, akan memberikan batas waktu tertentu. Berikut adalah salah satu contoh tes psikotes secara online jenis tes logika aritmatika.

Contoh Soal Psikotes Logika Aritmatika:

1. 34  30  26  22  =  …..

 A. 16

B. 18

Baca Lainya:  Uraikan Apa yang Kalian Ketahui Mengenai Status Karyawan Tetap, Sudahkah Kalian Tahu Semua? 

C. 14

D. 12

Cara menjawabnya mudah, angka 34 dikurangi dengan angka 30, hasilnya 4. Maka angka terakhir dari deret tersebut yaitu angka 22 dikurangi 4, didapatlah hasilnya angka 18. Maka jawaban yang benarnya adalah angka 18. Mudah bukan bila tetap fokus dan mampu melihat struktur polanya?

Tes Wartegg

Walaupun agak menyulitkan saat harus dilakukan dengan metode online, namun tidak sedikit perusahaan perusahaan yang tetap mempergunakan tes wartegg. Pasalnya manfaat dari dipergunakannya metode tes wartegg adalah untuk mengungkap sisi kepribadian dari calon karyawan ketika dalam proses mengambil keputusan.

Untuk mendapatkan contoh dari tes psikotes online wartegg, Anda bisa mengakses mesin pencari dengan memasukkan “TES WARTEGG” sebagai kata kunci. Pasalnya, tes wartegg identik dengan sebuah kumpulan pola gambar yang mampu membentuk sebuah perspektif gambar lainnya.

Tes Gambar

1. Tes Psikotes Gambar Dua Dimensi

Yang pertama biasa menggunakan gambar dua dimensi. Misalnya saja pola gambar yang pertama adalah segitiga kemudian menjadi trapesium. Kemudian pada pola gambar selanjutnya terdapat trapesium, gambar apakah selanjutnya? Jawabannya adalah segitiga, karena kebalikan dari pola gambar yang pertama.

2. Tes Psikotes Gambar Tiga Dimensi

Selanjutnya adalah tes psikotes gambar dengan memakai gambar tiga dimensi. Misalnya saja dengan pola gambar lingkaran oval seperti tabung lalu menjadi lingkaran. Kemudian gambar selanjutnya adalah kubus, bagaimanakah gambar selanjutnya? 

Maka jawabannya adalah persegi, karena sesuai dengan gambar sebelumnya. Yang mana jawaban berikutnya merupakan pola yang diambil bagian atasnya yaitu atas dari tabung adalah lingkaran. Jadi bagian atas dari gambar kubus adalah persegi.

3. Tes Psikotes Menggambar Orang Atau Manusia

Tes menggambar selanjutnya adalah menggambar orang atau manusia. Hasil gambar menentukan kepribadian Anda. Sebaikya gambar sesuai jenis kelamin Anda, gambar dengan proporsional saja. Jangan fokus pada wajah, karena akah menggambar kepribadian tidak percaya diri. 

Mudah sekali bukan? Yang paling penting saat mengerjakan tes konsentrasi jangan sampai pecah yah! Semoga ulasan contoh tes psikotes online ini bermanfaat yah!

Baca Lainya:  Pergantian Jitu Luis Milla yang Mengantar Indonesia ke Semifinal

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.