Cara membuat Hand Sanitizer dengan mudah

Jadiberkah.com – Cara Membuat Hand Sanitizer – Seperti kita ketahui, wabah virus COVID-19 telah menyebar ke seluruh dunia. Salah satu cara untuk mencegah virus ini adalah dengan menggunakan hand sanitizer.

Formulasi Cairan Cuci Tangan Badan Kesehatan

Organisasi Kesehatan Dunia telah menetapkan cairan Hand Sanitizer berbahan dasar alkohol sebagai standar emas untuk menjaga kesehatan, terutama kebersihan tangan. Hanya untuk membantu negara-negara dengan akses terbatas ke fasilitas untuk menjaga kebersihan tangan.

Badan Kesehatan mengidentifikasi formulasi pembersih tangan yang dapat diproduksi secara lokal. Seperti dilansir, berikut formulasi hand sanitizer yang bisa kita persiapkan sendiri. Bahan-bahan yang digunakan bisa didapatkan di apotek atau apotek. Formula I Untuk 1.000 ml cairan.

Baca Lainya:  7 Makanan yang menyehatkan jantung

Komposisi terdiri dari: a. 833,3 ml etanol dengan konsentrasi 96% b. 41,7 ml hidrogen peroksida (H2O2) pada tingkat 3%. 14,5 ml gliserol dengan konsentrasi 98% d. 110,5 ml aquades atau air matang yang sudah dingin Aduk keempat bahan dalam wadah hingga tercampur rata.

Bagaimana Cara Membuat Hand Sanitizer?

Formula II Untuk 1.000 ml cairan, komposisi terdiri dari: a. 751,5 ml isopropil alkohol (dengan kemurnian 99,8%) b. 41,7 ml hidrogen peroksida pada level 3% c. 14,5 ml gliserol dengan konsentrasi 98%. 192,3 ml aquades atau air matang yang sudah dingin Aduk keempat bahan dalam wadah hingga tercampur rata.

Badan Kesehatan merekomendasikan agar botol atau wadah cairan pencuci tangan mencantumkan tanggal pembuatan, komposisi bahan, dan peringatan cairan hanya digunakan untuk bagian luar tubuh. Formulasi hand sanitizer dari Badan Kesehatan ini sudah diproduksi di beberapa negara.

Baca Lainya:  Apa Perbedaan AliExpress dan Alibaba? Simak 6 Perbedaannya Berikut ini

Adakah cara lain yang lebih sederhana untuk membuat pembersih tangan? Jurnalis yang juga dosen membagikan resep pembuatan hand sanitizer berikut ini. Campurkan dua pertiga cangkir alkohol isopropil dengan sepertiga cangkir gel lidah buaya.

Aduk rata dan taruh di dispenser sabun cair atau botol kecil agar mudah dibawa kemana-mana. Itulah ulasan tentang cara membuat Hand Sanitizer. Semoga bermanfaat ba

gi Anda.

semoga bermanfaat, semoga kita semua diberi kesehatan dan keberkahan . jangan lupa patuhi protokol kesehatan agar dapat menghambat penularan virus .

Baca Lainya:  4 Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji Untuk Kesehatan, Berikut Dengan Pengolahannya

penulis dan kontributor: Hakiki

karyono

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.