Kiat Bagaimana Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

cara memilih jurusan kuliah

Jadiberkah.com – Sama seperti saat SMA harus memilih jurusan IPA atau IPS, begitu juga ketika kuliah. Ada jurusan yang harus dipilih. Menurut kalian bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat?

Kalau di SMA hanya ada dua pilihan jurusan, lain halnya kuliah. Ada banyak ragam jurusan yang bisa dipilih. 

Sebaiknya kenali lebih dulu apa saja pilihan dan prospek masa depan jurusan tersebut. Jika salah memilih jurusan, bayangkan waktu serta biaya yang terbuang percuma dan harus mengulang dari awal lagi di jurusan lain. Sungguh pemborosan yang sia-sia.

Jenis-jenis Jurusan Kuliah yang Populer

Minat dan bakat kemampuan kerap menjadi bahan pertimbangan. Namun, jenis pilihan dan prospek pekerjaan juga menentukan dari bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat. Berikut beberapa pilihan kuliah yang cukup populer beserta prospek kerjanya:

  1. Jurusan Arsitektur, banyak dipilih dan merupakan favorit. Selain menjadi seorang arsitek, bisa juga menjadi konsultan.
  2. Jurusan Kedokteran, jurusan ini paling populer sepanjang waktu. Selain menjadi dokter atau spesialis di rumah sakit, bisa juga membuka praktek sendiri.
  3. Jurusan Teknik Informatika, kebutuhan akan digitalisasi informasi dalam dunia bisnis industri membuat jurusan ini banyak peminat. Selain menjadi konsultan programmer, bisa juga menjadi pembuat aplikasi, web dan sebagainya.
  4. Jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan, menjadi Ahli Tambang dan Geologi, Ahli Teknik Energi, Teknisi Geologi, dan Perminyakan, dll.
  5. Jurusan Agribisnis, bidang logistik, consumer goods, atau supermarket maupun memiliki usaha sendiri bisa jadi pilihan kerjanya.
  6. Jurusan Ilmu Komunikasi, menjadi PR, fotografer, jurnalis, dsb.
  7. Jurusan Hubungan Internasional, lulusannya bisa menjadi diplomat, dosen, dsb.
  8. Jurusan Ekonomi dan Bisnis, penasihat keuangan, konsultan pajak adalah salah satu profesi yang bisa ditekuni.
  9. Jurusan Ilmu Hukum, konsultan hukum, jaksa, pengacara adalah beberapa prospek kerja yang dijanjikan.
  10. Jurusan Psikologi, HRD, peneliti, penulis, bisa menjadi pilihan prospek kerjanya.
Baca Lainya:  Intip 9 Cita-Cita Apa yang Cocok Untuk Anak IPS, Salah Satunya Content Writer

Dari kesepuluh jurusan ini, mana yang menarik dan kira-kira sesuai dengan bakat dan kemampuan kalian? Bagaimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat kembali pada keyakinan diri sendiri. Selamat memilih.

Latest posts by Novita Ayudyawaty (see all)
Baca Lainya:  Apa Saja yang Dipelajari di SMK Jurusan Kecantikan? Kamu Perlu Tahu Jika Ingin Sekolah Kecantikan

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.