Apa Saja Yang Di Tes Jika Ingin Kerja Di Bank?

Jadiberkah.com – Tahapan seleksi menjadi pegawai bank, baik swasta maupun BUMN tidak main-main. Paling tidak ada sesi seleksi tertulis, wawancara dan tes psikologi. Lantas, apa saja yang di tes kerja di bank? Berikut pemaparannya.

Jika Anda penasaran apa saja yang biasanya di tes pada saat melamar kerja di bank, tentu saja hal tersebut wajar. Karena menjadi pegawai bank tidaklah mudah. Butuh ketelitian, kecermatan dan mobilitas tinggi untuk bisa bertahan menjadi pekerja di bank. Paling tidak ada tujuh tahapan yang harus Anda lalui hingga bisa lolos dan bekerja di bank. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Apa Saja Yang Di Tes Kerja Di Bank?

Bekerja di bank merupakan impian hampir banyak fresh graduate saat ini. Betapa tidak, salary atau gaji yang ditawarkan sangat besar. Belum lagi bonus dan promosi jabatan yang begitu menggoda, maka jangan heran kalau banyak orang ingin bekerja di bank.

Baca Lainya:  Contoh dan Tips Soal Psikotes dan Kunci Jawaban dalam melamar pekerjaan

Meski demikian, Anda jangan cepat berpuas diri dulu. Karena ada beberapa tingkatan tes yang harus Anda lakukan, sebelum akhirnya bisa bergabung menjadi karyawan di bank pilihan.

Adapun tes yang biasa dipakai pada saat melamar kerja di bank, diantaranya adalah :

  • Tes Administrasi

Tes administrasi adalah tes awal yang harus Anda lalui. Dalam tes ini kelengkapan lamaran akan diseleksi dan hanya yang lengkap serta rapi yang akan diterima.

  • Tes Kemampuan Akademik

Dalam tes kemampuan akademik, Anda akan dites pada bidang pengetahuan umum , matematika, Bahasa Inggris (termasuk skor TOEFL akan diseleksi di sini).

  • Tes Psikologi

Tes psikologi atau psikotes adalah tahapan yang sangat penting. Di sini tingkat kecerdasan dan kepribadian Anda akan dinilai.

  • Interview Dengan HRD

Jika lulus semua tes di atas, akan ada wawancara dengan pihak HRD bank. Karakter dan pembawaan Anda akan dinilai, apakah sesuai dengan ritme kerja di bank tersebut.

  • Interview User

Selanjutnya adalah interview user. Dalam wawancara ini Anda akan dinilai berdasarkan hard skill (kemampuan sesuai posisi yang Anda lamar) dan soft skill (

  • Tes Kesehatan

Salah satu tes penting lainnya adalah tes kesehatan. Bisa dimaklumi jika bank menginginkan karyawan yang prima, sehat dan bugar. Mengingat ritme kerja mereka yang cepat dan jam kerja yang panjang. Pastikan BMI (body mass index) Anda seimbang. Juga Anda tidak memiliki penyakit kronis atau degeneratif.

  • Training

Terakhir, adalah tahap pelatihan atau training. Berbeda dengan perusahaan lain yang menetapkan waktu satu hingga tiga bulan untuk masa training, di bank bisa mencapai satu tahun. Namun jangan khawatir, tetap akan ada gaji yang akan Anda terima selama masa pelatihan tersebut.

Jika Anda bisa melewati ketujuh tahapan di atas, selamat, Anda telah sukses menjadi pegawai bank incaran Anda. Demikian penjelasan mengenai apa saja yang di tes kerja di bank. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.