Bagaimana Cara Membuat Google Sheet Bisa Diakses Semua Orang, Ada 4 Langkah!

Cara membuat Google Sheet bisa diakses semua orang

Jadiberkah.com Kita harus tahu bahwa ada cara membuat Google Sheet bisa diakses semua orang, dan mudah. Apalagi untuk projek kolaborasi dan fitur ini bisa diakses secara offline dengan mode tertentu.

Dengan cara berbeda bisa membuat Google Sheet diakses banyak orang, dan tidak lagi harus repot memindahkan data dari perangkat ke perangkat lain. Anda bisa mengirim email satu persatu yang ingin dibagikan ke kolega atau klien.

Langkah Membuat Google Sheet Bisa Diakses Orang Lain

Sebenarnya cara untuk menggunakan dan memanfaatkan aplikasi ini sangatlah mudah, hanya saja memang dibutuhkan ketelitian yang tepat. Agar tidak penasaran lagi, yuk simak penjelasan berikut mengenai cara agar Google Sheet bisa diakses semua orang.

Berbagi File Spreadsheet

Langkah pertama, bagikan file spreadsheet kepada semua orang melalui link. Buka file terlebih dahulu, lalu klik menu bagikan dan masukkan alamat email. Alamat email ini milik orang yang ingin Anda ajak untuk berbagi file spreadsheet.

Lalu, pilih akses yang Anda berikan, antara lain pemberi komentar, editor, dan hanya melihat saja. Setelah itu, langsung saja klik keterangan kirim yang tersedia. Apabila tidak ingin ribet, ada cara lain yang bisa dilakukan dengan membagikan link file.

Baca Lainya:  Cara screen shoot laptop dengan mudah

Salin link file spreadsheet yang sudah dibuka, lalu bagikan melalui platform pilihan. Nantinya orang yang menerima dan klik pada link tersebut akan langsung membuka file Google Sheet. Cara ini bisa dipilih apabila tidak mengetahui alamat email orang yang ingin diajak berbagi file.

Mengirim Email Kepada Kolaborator

Cara membuat Google Sheet bisa diakses semua orang, yaitu mengirimkan email kepada Kolaborator. Fungsinya adalah untuk mengirimkan pesan kepada Kolaborator yang terlalu panjang jika ditulis melalui kolom komentar. Langsung saja kirim email ke kolaborator dengan cara  klik file, lalu tambahkan subjek dan pesan.

Menetapkan Tanggal Habis Masa Berlaku Aktivitas Berbagi

Aktivitas berbagi file Google Sheet kepada orang lain juga bisa dibatasi dengan menetapkan tanggal masa habis. Caranya, klik di bagian bagikan pada file spreadsheet yang sudah dibuka dan ketuk pada opsi lanjutan. Lalu, arahkan kursor ke alamat email yang akan Anda akhiri batas waktunya.

Baca Lainya:  Apa Kegunaan Aplikasi Google Duo? Apakah Berbayar? Ini 6 Keunggulannya

Selanjutnya, ubah batas waktu untuk berbagi file dengan menetapkan tanggal. Klik simpan perubahan untuk mengakhiri proses tersebut. Jangan lupa untuk memberitahu orang yang aksesnya sudah Anda batasi agar tidak kesulitan saat membuka file.

Membatasi Aktivitas Berbagi, Mencetak, Mendownload, dan Menyalin

Tahap terakhir, batasi aktivitas berbagi, mendownload, menyalin, dan mencetak kepada orang yang sudah dipilih. Klik di bagian bagikan file, lalu ketuk pada opsi lanjutan. Nanti disana akan muncul pilihan nonaktifkan opsi untuk mendownload, mencetak, menyalin bagi pemberi komentar yang harus Anda klik.

Cara tersebut berguna untuk membatasi akses file kepada alamat email yang sudah ditentukan. Pembatasan akses ini bisa dilakukan apabila nantinya file tersebut ingin dibuka sendiri. Pembatasan akses ini bisa dilakukan kepada orang tertentu saja dan tidak ke semua alamat email.

Dengan memberikan batasan tersebut, Anda tidak perlu khawatir kalau seandainya data atau file yang sudah dibuat hilang.  

Baca Lainya:  Bagaimanakah Cara Pembayaran Shopee Paylater Dengan Mudah

Demikianlah ulasan menarik cara membuat Google Sheet bisa diakses semua orang, ternyata cukup mudah, bukan? Manfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh Google Sheet untuk mengelola file secara maksimal. Fitur berbagi ini bisa memudahkan Anda untuk berkolaborasi secara online.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.