Tanda Tanda Kanker Pada Wanita

Kesehatan | Penyakit kanker memang bisa menyerang siapa saja dan tak mengenal usia,penyakit kanker juga banyak yang menyerang kaum wanita misal diantaranya kanker serviks dan kanker payudara,kedua penyakit kanker tersebut adalah penyakit kanker yang paling banyak kita dengar yang sering dikeluhkan oleh para kaum wanita.Apasih tanda tanda penyakit kanker khusunya kaum wanita agar kita semua was was dan bisa kontrol pada kesehatan pada diri kita agar terbebas dari penyakit kanker.

Berikut tanda tanda penyakit kanker pada kaum wanita yang sering dikeluhkan:

  1. Perubahan pada Payudara.Tanda-tanda yang perlu diperhatikan adalah benjolan, lesung pipit  pada payudara, putting payudara yang tertarik ke dalam, adanya cairan dari putting payudara, dan kemerahan atau sisik pada payudara atau puting payudara. Keseluruhan tanda-tanda tersebut perlu diperiksakan lebih lanjut dengan mamografi atau pemeriksaan jaringan untuk memastikan apakah terdapat kanker payudara atau tidak.
Baca Lainya:  Jadwal praktek dokter spesialis dan alamat RS Al Islam Bandung
  1. Rasa Kembung dan Panas di Dada. Rasa kembung dan panas di dada dapat menjadi pertanda adanya kanker ovarium (indung telur). Jika rasa kembung dan panas di dada dapat merupakan gejala dan tanda yang normal, namun jika tidak juga menghilang maka perlu diperiksakan lebih lanjut dengan pemeriksaan USG atau pemeriksaan rongga panggul.
  1. Perdarahan Vagina yang Tidak Biasa. Adanya perdarahan vagina di luar siklus menstruasi normal seorang  wanita perlu mendapatkan perhatian khusus karena dapat merupakan tanda kanker rahim. Perdarahan setelah melakukan hubungan seksual dapat menjadi pertanda kanker leher rahim (serviks). Selain itu, perdarahan setelah menopause juga harus mendapatkan perhatian khusus.
  1. Penurunan Berat Badan. Semua wanita menyambut penurunan berat badan dengan gembira. Namun, jika terjadi penurunan berat badan saat seseorang tidak melakukan diet atau olahraga, hal ini perlu menjadi perhatian. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dapat disebabkan karena stres, penyakit tiroid, atau kanker lainnya.
Baca Lainya:  Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

Selain 4 gejala di atas, beberapa gejala lainnya seperti kelelahan berlebihan dan rasa nyeri yang tidak dapat dijelaskan. Untuk mengantisipasi tanda dan gejala yang mencurigakan, sangatlah dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin (medical check up) pling tidak 1 kali dalam 1 tahun. Mari peduli dengan kesehatan kita, jika bukan kita sendiri yang peduli kesehatan kita, siapa lagi?

Semoga bermanfaat dan tetap diberi kesehatan untuk kita semua,buat teman teman yang sedsang menjalani proses penyembuhan ,semoga segera di beri kesembuhan seperti sedia kala dan dapat beraktifitas seperti biasa.amin

Baca Lainya:  Alamat Rumah Sakit St. Yusuf Jakarta Utara

Referensi

karyono

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.