Tanda tanda tiroid dan obat herbal tiroid

Jadiberkah.com – Tanda Tanda Tiroid dan Obat Herbal Tiroid.
Tubuh manusia bekerja seperti mesin. Ketika satu organ tidak berfungsi, seluruh bagian akan mulai mengalami masalah.

Contohnya adalah kelenjar tiroid, kelenjar kecil di leher yang mengatur metabolisme dan fungsi tubuh seperti pernapasan, suhu tubuh, siklus menstruasi dan lain-lain.
Seringkali, manusia tidak sadar kapan kelenjar ini bekerja, tetapi ketika kelenjar tiroid mulai mengalami masalah, misalnya tidak melepaskan hormon tiroid yang cukup (hipotiroidisme) atau bahkan melepaskan hormon secara berlebihan (hipertiroidisme) maka akan terasa karena mempengaruhi pekerjaan mata, kulit, tangan, apa saja.

Itu disebabkan oleh gejala penyakit kelenjar tiroid yang bisa menyerupai ratusan penyakit lainnya.
Karena itu, sangat penting untuk selalu waspada dan bertindak segera jika Anda merasakan salah satu gejala di bawah ini:

Penipisan rambut

Tanda-tanda penyakit dan gejala tiroid sering muncul pertama kali pada kulit, rambut, dan kuku.
Hipotiroidisme dan hipertiroidisme – dapat menyebabkan penipisan rambut. Alis adalah bagian yang paling parah: Menipisnya alis di sepanjang tepi luar bisa menjadi tanda hipotiroidisme.
Rambut kaki, lengan, dan area lainnya menjadi kasar, kering, dan mudah patah.

Baca Lainya:  Jadwal Praktek dokter spesialis dan alamat Rsu Moh Ridwan Meuraksa

Mata bengkak dan berair

Mata kering dan teriritasi bisa merupakan gejala hipertiroidisme dan hipotiroidisme, mata bengkak dan menonjol bisa menjadi tanda penyakit Graves, kelainan autoimun yang menyebabkan hipertiroidisme.
Penyakit Graves juga dapat menyebabkan penglihatan ganda dan pembengkakan.

Kelemahan otot

Baik hipotiroidisme dan hipertiroidisme dapat menyebabkan nyeri otot, kelemahan, atau kekakuan, menurut Rodriguez. Namun, karena gejala tiroid sering berkembang lambat, banyak orang tidak langsung merasakan sakit atau kelemahan otot, atau mengabaikannya sebagai rasa sakit khas yang berasal dari penuaan. Periksa dengan dokter Anda jika ada sesuatu yang terasa buruk.

Anda merasa sedih

Hipotiroidisme dapat dikaitkan dengan kesulitan berkonsentrasi atau depresi yang bisa anda rasakan, sedangkan hipertiroidisme dapat menyebabkan kecemasan yang berlebih.
Kedua gangguan ini dapat membuat Anda merasa mental dan emosional tidak terkendali, menurut Rodriguez, jadi penting untuk mencari perawatan kesehatan mental, bersama dengan perawatan medis.

Baca Lainya:  Racikan obat batuk ala herbal yang jarang diketahui

Kaki dan pergelangan kaki terlihat bengkak

Karena hipotiroidisme ini dapat menyebabkan proses yang terjadi dalam tubuh melambat, hipotiroidisme dapat menyebabkan retensi air, yang biasanya akan muncul di tubuh bagian bawah – pinggul, lutut, pergelangan kaki, dan kaki – karena gravitasi.

Leher bengkak

Jika leher Anda super bengkak, itu mungkin disebabkan oleh gondok, yang pada dasarnya adalah istilah untuk kelenjar tiroid yang menjadi besar secara tidak normal, menurut American Thyroid Association. Periksa dengan dokter Anda jika leher Anda terlihat bengkak.
Sementara banyak wanita dapat melihat penurunan berat badan sebagai hal yang baik, Rodriguez mengatakan perlu perawatan, terlepas dari jenis fluktuasi berat yang Anda perhatikan.

bayam

Kandungan vitamin A yang terkandung dalam bayam mampu mengendalikan dan mendukung fungsi tiroid. Selain mengobati tiroid, bayam dianggap sebagai obat rumahan yang baik untuk mendukung pengobatan gangguan tiroid.

Baca Lainya:  Alamat Rumah Sakit Agung Jakarta

Kelp

Kelp adalah rumput laut yang kaya akan yodium. Makan rumput laut, mampu mengendalikan kerja tiroid. Jika Anda mengikuti program diet, Anda bisa memasukkan rumput laut dalam salad atau sup.

Minyak kelapa

Ketika sekresi hormon tiroid meningkat, produksi estrogen juga meningkat, ini sebenarnya menghambat fungsi kelenjar tiroid. Konsumsi minyak kelapa dapat mengurangi kadar estrogen dan meningkatkan metabolisme tubuh. Minyak kelapa dapat dicampur dengan secangkir susu.

Kunyit

Bumbu ini mengandung curcumin yang bisa mengurangi peradangan tiroid. Kunyit dapat bekerja secara efektif untuk mengendalikan dan mencegah penyakit tiroid.

Jahe

Senyawa gingerol yang terkandung dalam jahe memiliki sifat antiinflamasi. Bumbu ini dapat membantu mengobati tiroid.

Yoga

Olahraga ini diyakini menjauhkan tubuh dari segala penyakit, termasuk tiroid. Beberapa pose yoga menjadi keajaiban bagi penderita tiroid yang sedang menjalani perawatan. Namun, yoga harus dilakukan di bawah pengawasan pelatih ahli yoga.
Semoga bermanfaat
Penulis: Jefri widiarta

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.