Ciri cir dan penyebab penyakit Rubella yang harus kita ketahui

Jadi berkah -Penyakit yang lebih dikenal sebagai campak jerman ini memang cukup terkenal di masyarakat. Biasanya dikenal sebagai rubella, german measles, atau campak 3 hari. Memang tergolong penyakit yang ringan jika mengenai anak-anak. Namun cukup berbahaya untuk wanita yang sedang hamil. Bahkan sampai pada kematian sang bayi.Virus ini menyerang kulit dan kelenjar getah bening. Biasanya ditandai dengan ruam yang khas berwarna merah serta adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening (inflamasi)(Referensi:Halo sehat.com)

Untuk terhindar dari penyakit ini mari kita pelajari ciri ciri penyakit rubela yang harus kita ketahui agar kirta semua tidak terkena dan dijauhkan dari8 penyakit Rubella ini.

 

Ciri ciri penyakit Rubella:

Seseorang yang terkena virus Rubella tidak langsung terserang penyakit. Namun biasanya setelah 2 sampai 3 minggu masa inkubasinya,berikut ciri ciri penyakit rubella:

  • Suhu tubuh naik (demam) sekitar 37,5 – 38,5 derajat celcius (Baca : Suhu tubuh normal manusia)
  • Kepala pening
  • Pilek sampai hidung mampet
  • Mata memerah, bahkan sampai meradang
  • Mengalami inflamasi kelenjar getah bening di bagian belakang leher dan telinga
  • Sendi nyeri (hanya beberapa orang yang mengalami)
  • Setelah 3 hari kemudian, muncul ruam merah muda dibagian wajah dan ke seluruh tubuh
Baca Lainya:  Gejala awal kanker lidah yang wajib kita ketahui

walaupun penyakit campak hanya berlangsung selama kurang lebih 3 hari, namun pembengkakan terjadi selama 1 minggu. Selain itu nyeri sendi berlangsung lebih lama, selama 2 minggu.

 

Penyebab virus rubella

 

  1. Penyebab utamanya campak jerman adalah virus rubella. Biasanya tersebar ketika penderita mengalami bersin dan batuk. Bisa saja melalui kontak secaralangsung. Yakni dengan ingus atau lendir penderita.
  2. Melalui ibu hamil ke pada anak,Virus rubella bisa menular dengan penularan secara langsung melalui tubuh. Biasanya terjadi pada ibu yang sedang mengandung janin. Maka otomatis secara tidak langsung si anak akan tertular.
  3. Daging setengah matang,Memakan daging setengah matang membawa kemungkinan seseorang dapat tertular. Sebab hewan yang terinfeksi dimasak belum matang. Sehingga virus yang ada pada daging masuk ke dalam tubuh manusia
  4. Transplantasi organ,Adanya transplantasi organ dengan seseorang yang terkena virus rubella juga memungkinkan seseorang terkena rubella. Sebab secara tidak langsung darah yang penderita secara tidak langsung masuk ke dalam tubuh kita.
  5. Hubungan seksual,Melakukan hubungan seksual dengan seseoarang yang terkena virus campak juga mampu beresiko tertular. Sebab kemungkinan secara tidak langsung lendir penderita masuk ke orang lain yang belum terkena.
Baca Lainya:  Alamat Rumah Sakit Cito atau Mandaya Hospital dan Jadwal Praktek Dokter

 

Sumber referensi

 

Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan pengetahuan dalam menjaga kesehatan terhadap diri sendiri dan keluarga,

karyono