Berapa Modal Ternak Ayam Potong 100 Ekor?

Jadiberkah.com– Melakukan bisnis ayam potong atau ayam pedaging sebutan akrabnya, ialah salah sebuah bisnis ternak yang mempunyai prospek yang baik di kedepannya. Bahkan bisa dibilang hampir dalam setiap harinya permintaan pasar akan kebutuhan daging ayam semakin meningkat. Maka dari itu tak heran jika bisnis ini bisa dibilang bisnis yang menjanjikan. Keuntungan yang bisa diperoleh pun lumayan besar.

Nah, buat Anda yang ingin memulai usaha ternak ayam potong dan selalu bertanya-tanya Berapa Modal Ternak Ayam Potong 100 Ekor? Maka Anda berada di laman yang tepat! Pasalnya kami akan membahasnya secara terperinci, singkat dan jelas. Mari langsung saja kita intip apa saja isi pembahasan ini.

Apa Sih Ayam Potong Itu?

Sebelum kita membahas berapa modal yang perlu dikeluarkan dalam beternak ayam, ada baiknya jika kita mengenal apa itu Ayam Potong! Ayam potong atau yang akrab disebut ayam broiler/ ras pedaging merupakan jenis ayam yang serupa, hanya saja untuk penamaannya sendiri yang berbeda. Apa bila melihat dari awal mulanya, ayam ini diberi nama ayam potong karena jenis ini sering di sembelih untuk di paasarkan. Dan seiring berkembangnya zaman dan kemajuan daerah masing-masing maka penyebutnya berbeda-beda.

Baca Lainya:  Jenis Penyakit Ayam Pedaging dan Pengobatannya 

Analisa Modal Bisnis Ternak Ayam Potong  100 Ekor

Dengan tekad yang kuat dan jiwa yang penuh semangat, pastinya Anda sudah sangat yakin kalau usaha yang akan dijalani pasti akan maju. Jadi, sangat penting rasanya jika Anda merencanakan modal-modal yang harus dipersiapkan pada saat memulai bisnis tersebut. Ada pun modal yang harus Anda keluarkan dalam membangun usaha ternak ayam potong 100 ekor yaitu berikut ini:

Modal Utama

  • Kandang ayam ukuran 2×2 m
  • Tempat pakan ayam
  • Tempat minum ayam
  • Penerangan

Biaya Operasional

  • Bibit ayam pedaging/ potong 100 ekor
  • Konsentrat 2 karung dengan isi 50 kg
  • Obat dan vaksin
  • Biaya listrik
  • Biaya penyusutan

Cara Tepat Ternak Ayam Potong

Pada saat Anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis usaha ternak ayam potong, maka Anda perlu mengetahui beberapa teknik beternak yang tepat. Adapun beberapa cara yang perlu dilakukan antara lain adalah:

Baca Lainya:  Apa Saja Resiko Beternak Ayam Petelur
  • Memilih bibit ayam terbaik dari penyedia yang sudah terjamin memiliki badan hukum koperasi atau CV.
  • Harus menjaga kondisi kandang dengan baik, menjaga sirkulasi udara di dalam kandang ayam berdasarkan usia ayam.
  • Tata cara pemeliharaan mempunyai pengetahuan untuk menjalankan bisnis, dimulai dari pemilihan bibit ayam berkualitas, pembuatan kandang sampai dengan pemasaran ayam.

Prospek Bisnis Beternak Ayam Potong

Kalau Anda sampai saat ini banyak menemukan pelaku usaha ternak ayam yang sama terlebih di pedesaan. Maka sudah tak heran! Kenapa? Pasalnya usaha ternak ayam potong sendiri adalah sebuah bisnis yang memiliki prospek yang baik di masa depan dan bisa dibilang usaha cukup menjanjikan. Hal ini didukung oleh karena semakin meningkatnya permintaan pasar akan daging ayam yang tak pernah turun.

Jadi, itulah beberapa rincian modal untuk memulai bisnis ternak ayam potong yang perlu kalian pertimbangkan dan beberapa cara untuk memulai ternak ayam yang benar agar memperoleh hasil ternak yang berkualitas.

Baca Lainya:  5 Kiat Sukses Peluang Usaha Tambal Ban dan Ganti Oli, Pemula Wajib Tahu!

Demikian informasi di atas yang dapat kami sampaikan di kesempatan kali ini, semoga dengan adanya pembahasan di atas, kalian semua dapat mengantisipasi resiko ternak dan bisa meminimalisir kerugian karena salahnya perhitungan modal. Terimakasih sudah menyimak dan sampai jumpa kembali.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.