Menguntungkan, Begini Cara Budidaya Ikan Nila Kolam Terpal

Jadiberkah.com – Membudidayakan ikan nila memang bisa dilakukan di berbagai media. Salah satu yang diminati yaitu budidaya ikan nila kolam terpal. Selain lebih praktis, metode ini juga tidak memerlukan lahan yang luas.

Nah, bagaimana caranya? Simak ulasan berikut!

Cara Budidaya Ikan Nila Kolam Terpal

Langkah pertama adalah mencari lokasi yang pas untuk membuat kolam terpal. Pastikan lokasi tersebut dekat dengan rumah sehingga pengawasan pun lebih mudah. Cari juga lokasi yang tidak dipenuhi tanaman atau semak belukar supaya tidak mengganggu.

Terakhir, tempat kolam terpal haruslah memiliki penyinaran yang baik. Hal ini bertujuan supaya ikan nila dapat langsung terkena cahaya matahari.

Langkah kedua setelah menemukan tempat yang cocok adalah mulai membuat kolam terpal. Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit. Cukup menggali tanah sedalam kurang lebih 70 cm. Kemudian, dasar tanah yang digali tadi diratakan.

Bisa menggunakan batu bata yang diletakkan di dasar galian. Tujuannya supaya mempermudah dalam pengecekan air. Setelah itu, buatlah tanggul supaya terpal tidak mudah rusak. Jangan lupa untuk menabur sekam secara merata di dasar kolam.

Berikutnya tinggal memasang terpal yang diberi pemberat. Ini penting supaya terpal tidak bergeser. Buatlah sanitasi agar membersihkan kolam lebih mudah nantinya.

Setelah kolam siap, langkah selanjutnya adalah memilih bibit ikan. Begini ciri bibit ikan nila yang layak :

– Memiliki warna belang yang jelas dan berukuran lebih kurang 12 cm

– Ikan tampak lincah, tidak ada kecacatan fisik

– Pilih bibit dengan corak warna yang sama, dan beratnya paling tidak harus mencapai 30 gram

Sesudah mendapat bibit unggulan, berikutnya adalah menyebarkan bibit ikan nila tersebut. Pertama, siapkanlah wadah, misalnya ember. Beri air bersih sampai setengah ember. Kemudian, masukkan bibit ikan nila dan tunggu sampai 10 menit.

Tambahkan air kolam sampai ember penuh, dan lihat selama 5 menit. Jika ikan tidak stres, maka segeralah menyebar bibit secara perlahan ke kolam terpal.

Nah, itu dia cara budidaya ikan nila kolam terpal. Selanjutnya hanya perlu perawatan ekstra untuk ikan nila dan menunggu panennya. Semoga ulasan diatas bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.