Wajib Tahu! Inilah 4 Peraturan Kolam Pemancingan yang Umum Digunakan

Jadiberkah.com – Aktivitas memancing ikan sekarang kian marak dilakukan oleh masyarakat. Sebelum memulai, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu peraturan kolam pemancingan yang diberlakukan. Hal tersebut untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi jika Anda tidak patuh.

Semakin menjamurnya kolam pemancingan umum juga mengakibatkan beragam pula peraturan yang dibuat oleh pihak pengelola. Berikut ini 4 peraturan umum yang banyak digunakan.

4 Peraturan Kolam Pemancingan

Ada 4 peraturan yang harus Anda ketahui saat akan memancing di kolam pemancingan umum. Dengan demikian Anda dapat memancing dengan tenang tanpa harus khawatir dengan peraturan yang berlaku. Adapun peraturannya adalah :

1. Pemancing wajib menyewa alat pancing di tempat pemancingan

Saat mencari tempat, ada baiknya Anda juga mengumpulkan informasi terkait peraturan kolam pemancingan yang berlaku. Kebanyakan lokasi mewajibkan Anda untuk menyewa alat pancing yang sudah disediakan. Jangan sampai Anda sudah susah payah mempersiapkan dari rumah, ternyata tidak bisa digunakan.

Demikian juga dengan umpan yang akan Anda pakai untuk memancing. Cari tahu terlebih dahulu, apakah harus membeli atau membawa sendiri.

2. Dilarang menggunakan jaring untuk mengambil ikan

Peraturan ini sudah sangat umum diketahui. Pasti akan lebih mudah memang jika mengambil ikan menggunakan jaring. Namun, jika dilakukan dengan cara seperti itu bukan memancing namanya.

Ikan yang diperoleh bisa lebih banyak, dan kemungkinan ikan-ikan berukuran kecil pun ikut terangkat. Biasanya pihak pengelola tempat pemancingan akan melarang tindakan tersebut. Hal ini bisa menghambat perkembangbiakan ikan secara alami.

3. Jika mendapat ikan yang masih kecil harus dikembalikan

Peraturan ini sama seperti yang dibuat oleh mantan menteri kelautan, Ibu Susi. Tidak boleh ada orang yang memburu dan menangkap ikan yang masih kecil.

Demikian juga yang sering diterapkan oleh kolam-kolam pemancingan umum. Sikap ini untuk mendukung keberlangsungan hidup ikan yang belum mencapai ukuran layak makan.

4. Harga ikan ditentukan berdasarkan hasil timbangan

Jika ingin membawa pulang ikan hasil pemancingan, Anda harus membayar terlebih dahulu berdasarkan jumlah timbangan. Jadi, semakin banyak tangkapan Anda maka akan semakin besar pula jumlah uang yang harus dikeluarkan.

Beberapa kolam pemancingan juga menyediakan fasilitas bakar ikan untuk dimakan di tempat atau dibawa pulang.

Itulah 4 peraturan kolam pemancingan yang umum digunakan. Ingat, selalu cari informasinya terlebih dahulu, ya. Selamat memancing!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.