Budidaya Ikan Nila di Kolam Rumah yang Menguntungkan

Jadiberkah.com – Generasi sekarang semakin kreatif membuka usaha dalam bidang peternakan yang menguntungkan. Misalnya, Anda bisnis budidaya ikan nila di kolam rumah walaupun menggunakan lahan sempit.

Kelebihan budidaya ikan nila karena mempunyai daya tahan terhadap perubahan  lingkungan yang tinggi. Dengan begitu, ikan ini tahan terhadap serangan penyakit maupun virus. Ikan nila juga termasuk omnivora sehingga mudah untuk memberi pakannya. Maka dari itu, banyak orang yang berminat membudidayakannya.

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Rumah agar Hasil Melimpah

Budidaya ikan nila sangat menguntungkan karena banyak orang menyukainya. Oleh karena itu, setelah Anda menyiapkan kolamnya maka harus tahu cara beternak ikan nila agar hasilnya melimpah seperti berikut : 

  • Menyiapkan Kolam dan Benih 

Anda harus menyiapkan budidaya ikan nila di kolam rumah dengan kedalaman air sekitar 50 – 75 cm agar ikan tersebut dapat berkembang biak. Biarkan kolam kering dengan terkena sinar matahari. Setelah itu, isi dengan air lalu biarkan selama 5 – 7 hari sampai tumbuh plankton. 

Selanjutnya, cari benih yang aktif dan sehat. Lalu isi kolam tersebut dengan ikan sebanyak 5 – 10 ekor per m2 dengan ukuran 5 – 10 cm. Dengan hitungan tersebut, Anda tinggal menghitung berapa luas kolam dan berapa ekor ikan yang harus ditanam.

  • Cara Pemberian Pakan 

Pakan budidaya ikan nila di kolam yang ada di rumah yaitu dengan membeli pakannya di toko  dan diberi daun-daunan. Setelah 6 bulan ikan pun bisa dipanen karena beratnya sudah mencapai 400 gram – 600 gram jika suplai pakannya cukup. 

Seandainya Anda ingin punya indukan sendiri maka pilihlah beberapa ikan jantan dan betina yang sehat sesuai kebutuhan. Lalu ikan-ikan tersebut dimasukan pada kolam khusus pembiakan. 

  • Mengatasi Penyakit pada Ikan 

Ikan Nila tahan terhadap lingkungan dan serangan penyakit. Namun Anda harus tahu apabila sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan dari ikan tersebut seperti : 

  • Ikan bisa stres karena air belum diganti atau buat sirkulasi air yang baik. Di samping itu, ikan stres karena air kotor dari bekas sisa makanan maka Anda jangan memberi pakan berlebih
  • Ikan bisa kurang nafsu makan karena kurang vitamin maka Anda harus membelinya dari toko pakan ikan 
  • Ikan juga bisa terserang parasit karena zat asam berlebih pada air sehingga ikan terserang penyakit. Anda harus memisahkan ikan sakit dengan yang lain agar tidak menular

Permintaan ikan nila di pasaran sangat tinggi karena rasanya yang enak, lembut, dan gurih. Oleh karena itu, banyak pebisnis tertarik untuk budidaya ikan nila di kolam rumah yang menghasilkan banyak keuntungan. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.