8 Cara Budidaya Ikan Lele di Terpal

Jadiberkah.com – Memiliki usaha menjadi impian setiap orang karena banyak keuntungan yang akan didapat nantinya. Seperti budidaya ikan lele di terpal yang kini tengah ramai dilakukan terutama saat pandemi sekarang ini. 

Meskipun hanya dengan melakukan dari rumah dan modal yang tak besar, tapi usaha ini telah terbukti. Tak sedikit yang awalnya hanya mencoba keberuntungan pada usaha ternak ini, justru menuai sukses. Karena banyaknya permintaan akan hewan air yang sangat digemari berbagai kalangan masyarakat.

Cara Tepat Budidaya Ikan Lele di Terpal

Memiliki usaha atau beternak saat ini bukan hanya dilakukan di pedesaan saja, di kota besar pun banyak. Hanya dengan merubah halaman atau pekarangan rumah yang dimiliki, Anda bisa memulai sebuah usaha. Hal tersebut bukan hanya berlaku pada  usaha ternak saja, bercocok tanam bahkan menanam padi juga. 

Budidaya ikan lele di terpal

Budidaya ikan lele di terpal merupakan salah satu jenis ternak yang paling mudah dan banyak dipilih. Selain karena pemasarannya yang tak terlalu sulit, pemeliharaannya pun cukup mudah.

Bahkan untuk memiliki kolam dengan biaya minim pun bisa Anda lakukan dan telah banyak yang terbukti berhasil. Anda tak perlu takut akan besarnya biaya atau modal serta lahan atau pun sulitnya.

Karena saat ini ada banyak cara untuk Anda dapat memiliki usaha ternak atau pun budidaya hewan air ini. Anda bisa menyesuaikan dengan besar modal serta kondisi lahan yang dimiliki.

8 Cara Budidaya Ikan Lele di Terpal

Anda yang menyukai makan dengan ikan lele tentu bisa dengan mudah menemukan di banyak penjual pinggir jalan. Bahkan kini ikan lele mulai merambah usaha bentuk lainnya, seperti olahan krispi maupun dalam kondisi beku atau lebih dikenal dengan sebutan Frozen Food.

Hal tersebut membuktikan bahwa kebutuhan akan ikan ini cukup tinggi dan terbukanya peluang usaha. Anda yang sedang mencari sebuah usaha bisa mencoba untuk membudidayakannya. Adapun cara yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah :

  1. Siapkan atau buat lubang bisa berbentuk segi empat atau pun  persegi panjang dihalaman belakang rumah.
  2. Beli atau pun dapat memesan terpal dengan ukuran sesuai dengan kolam yang telah dipersiapkan.
  3. Isi terpal yang telah terpasang dengan air dan juga bibit ikan lele.
  4. Beri makanan secara teratur juga obat atau vitamin untuk memperbesar dan mempercepat pertumbuhan lele.
  5. Bersihkan kolam secara rutin agar terhindar dari lumut dan lumpur.
  6. Pisahkan ikan yang sakit dengan ikan yang sehat.
  7. Pantau secara rutin perkembangan ikan dalam kolam.
  8. Jangan lupa siapkan obat anti jamur yang aman untuk bibit lele dan lele biakannya.
Baca Lainya:  Menguntungkan, Begini Cara Budidaya Ikan Nila Kolam Terpal

Mudah dan cepat untuk Anda memiliki usaha budidaya ikan lele di terpal dengan hanya memanfaatkan lahan kosong di rumah. Semoga ulasannya bermanfaat yah!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.