3 Cara Mudah Budidaya Ikan Lele Bioflok di Rumah 

Jadiberkah.com – Beternak atau budidaya ikan saat ini tengah menjadi tren dikalangan masyarakat terutama sejak pandemi. Dari banyak metode, budidaya ikan lele bioflok menjadi pilihan yang paling banyak dilakukan. Budidaya ikan seperti lele menjadi pilihan karena mudah dalam perawatan serta tak memerlukan banyak biaya. 

Ditambah lagi ada beberapa metode yang bisa digabungkan dengan bercocok tanam. Sedangkan bioflok merupakan metode yang telah lama ada, hanya saja kembali populer saat ini.

Metode dalam budidaya ikan jenis lele ini sangat sesuai dengan kondisi yang sempit lahan atau pun terbatas. Apalagi ikan lele termasuk jenis yang banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. 

Mudah ditemukan mulai dari restoran hingga warung dipinggir jalan, hingga membuka peluang usaha. Permintaan serta kebutuhan akan ikan lele yang cukup tinggi, membuat banyak bermunculan usaha budidaya. 

Bukan hanya di daerah saja, kini di banyak rumah di kota besar budidaya ikan lele ramai dilakukan. Budidaya dengan metode bioflok bukan hanya menjadi solusi bagi Anda yang tak memiliki lahan luas. 

Metode ini lebih mudah dalam perawatan serta ringan biaya dibandingkan dengan yang lainnya.

Budidaya Ikan Lele Bioflok, Ini Dia Caranya!

Anda yang ingin memulai usaha ternak atau budidaya ikan bisa memulai dengan lele yang tak repot dalam perawatannya. Anda tak perlu takut akan lahan karena yang diperlukan hanya beberapa meter saja. 

Metode bioflok merupakan cara untuk membudidaya dengan menggunakan kolam yang dilapisi terpal. Cara untuk membudidayakan ikan lele pun sangat mudah, Anda tak perlu repot.

  1. Siapkan kolam berbentuk lingkaran yang umumnya dilapisi dengan terpal. Biasanya berdiameter 3 meter dan mampu menampung hingga tiga ribu ekor ikan lele.
  2. Beri pipa di bagian bawah untuk membuat kotoran dari lele yang biasanya terendap di bagian bawah. Jangan lupa untuk mengisi kembali kolam tersebut setelah membuat air yang terdapat kotoran.
  3. Beri pakan serta probiotik yang cukup dengan dosis yang tepat akan membantu lele tumbuh besar dan sehat.

Budidaya ikan lele bioflok sangat mudah dan banyak dipilih karena sesuai dengan kondisi lahan saat ini. Tak repot dengan menyiapkan kolam serta perawatannya dan hasilnya pun sangat memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.