Aplikasi Google yang Umum Digunakan Para Pebisnis

 

Aplikasi Google yang Umum Digunakan Para Pebisnis, Google – Merupakan salah satu Perusahaan Berbasis Teknologi yang Berlokasi di Montain View, California Amerika Serikat. Perusahaan Startup ini digagas oleh dua sahabat dekat, yaitu Larry Page dan Sergey Brin.

Ide membuat Google berawal dari Proyek Penelitian Universitas, lalu Keduanya bekerja keras, memutar otak, untuk mencari dana tambahan sekaligus menciptakan Google di Kamar Asrama milik Page di Standford University. Dua Tahun berselang, akhirnya pada Tahun 1998 Google Inc. Resmi berdiri, hingga sampai saat ini.

 

 

Di Era yang serba digital seperti saat ini, kehadiran Google memberikan peran besar bagi keberlangsungan hidup Manusia, terutama di sektor Teknologi. Google hampir menyediakan seluruh Aplikasi yang mampu meningkatkan Produktivitas Kerja. Dalam dunia Bisnis, Google menjadi Aplikasi Andalan yang selalu setia menemani Para Pebisnis untuk menjalankan Bisnis mereka mulai dari Menyajikan Informasi, Memberi Petunjuk, Mengolah Data, dan masih banyak lagi.

 

 

1. Google Chrome (2 September 2008)

Google Chrome merupakan salah satu Peramban yang paling banyak digunakan hampir di semua Perangkat, hingga sampai saat ini. Pesaingnya adalah Microsoft Edge. Aplikasi besutan dari Microsoft, yang diluncurkan untuk menandingi Google Chrome. Google sendiri memiliki fungsi yang cukup banyak. Antara lain, digunakan untuk Browsing, mencari beragam Informasi dari berbagai Sumber, dan Mengunduh File. Tentunya bagi para Pebisnis, Google menjadi Aplikasi Kebanggaan, karena bisa memberikan apapun yang mereka inginkan. Dan yang lebih menakjubkan adalah, Google Chrome bisa mensinkronisasi dengan Akun Google lainnya. yups, jadi kita tidak perlu susah payah membuat akun yang berbeda di setiap Aplikasi Google.

 

2. Google Bisnisku (Juni 2014)

Rilis Pada Tahun 2014. Google Bisnisku adalah satu dari sekian banyak Aplikasi yang membantu Para Pebisnis, Pedagang, Pengusaha sampai Kalangan UMKM, dimanapun mereka berada. mengapa? Karena di Google Bisnisku ini, kita bisa memberikan informasi lebih banyak terkait Bisnis yang kita jalankan. Mulai dari Lokasi Bisnis, Rute menuju ke lokasi tersebut yang bisa diakses melalui Google Maps, Foto Produk, Postingan, Insight, Iklan, Mengatur Ulasan dari para Pelanggan, Berkirim Pesan, Membuat Email Custom. Dan, di Aplikasi ini Kita bisa membuat Website untuk bisnis kita juga. Tentunya ini diberikan secara gratis oleh Google.

Baca Lainya:  3 Cara Edit Telegram Untuk Berbagai Profil

 

3. Google Drive (24 April 2012) 

Google Drive merupakan Aplikasi yang duluncurkan oleh Google, 10 Tahun silam. Aplikasi ini merupakan Penyimpanan yang memungkinkan Penggunanya bisa menyimpan berbagai jenis file dengan kapasitas ruang sebesar 15gb. Penyimpanan di Aplikasi ini sangatlah aman, jika perangkat kita hilang, maka kita masih bisa membukanya di perangkat lain, selama akun google tersebut masih aktif. Selain itu, Pengguna lain bisa membuka semua file didalam folder. hanya jika, kita memberikan akses kepada orang tersebut. Aplikasi ini juga sangat memungkinkan para Pebisnis untuk menyimpan dokumen yang sangat penting, 15gb adalah ruang yang cukup besar, untuk menyimpan beraneka macam jenis file.

 

4. Google Mail (7 Februari 2007)

Google Mail, atau yang biasa disebut dengan Gmail adalah Layanan berkirim pesan secara Digital. Sejak rilis pertama kali, Gmail langsung menyita banyak perhatian, biarpun belum sesempurna seperti saat ini. banyak sekali perbaikan yang harus dilalui untuk bisa menjadi Gmail seperti saat ini. Gmail memungkinkan penggunanya berkirim pesan hanya dengan membuat pesan baru, memasukkan alamat yang dituju, subjek, dan isi yang ingin kita sampaikan. Gmail juga menjadi alat komunikasi yang digunakan Para Pebisnis untuk mempermudah mobilitas mereka, ketika ingin mencari Calon Mitra Baru, Menyapa para Pelanggan, Bekerjasama, Memberikan sebuah Tawaran, dan Mengirimkan Company Profile.

 

5. Google Maps (8 Februari 2005)

Google Maps bisa kita anggap sebagai revolusi terkini sebagai penunjuk arah. Aplikasi yang diluncurkan pada Tahun 2005 ini telah banyak melalui perubahan, hingga menjelma menjadi penunjuk arah yang begitu canggih seperti saat ini. Google Maps menunjukkan rute yang bisa dilalui oleh para Pengguna, berdasarkan lokasi yang dituju. Pengguna Aplikasi ini juga bisa mengatur mode transportasi yang digunakan dan estimasi waktu yang telah ditentukan.

 

 

6. Google Kalender (13 April 2006)

Google Kalender adalah salah satu Aplikasi Inovasi yang diluncurkan oleh Google. Pada aplikasi ini, semua orang bisa mengakses beberapa fitur yang ada di dalamnya. seperti, mengatur jadwal, sebagai pengingat, mengatur rutinitas dan kegiatanmu sehari-hari. disini, sebenarnya kita bisa mengatur manajemen waktu secara optimal, jika kita konsisten melakukannya. Bagi Pebisnis, Google Kalender ibarat alarm, di sinilah mereka mengatur acara, jadwal pertemuan, meeting, apa tujuan, rencana dan target yang telah mereka tentukan.

Baca Lainya:  Kamera Dslr Terbaik Untuk Pemula

 

7. Google Assistant (18 Mei 2016)

Google Assistant merupakan Asisten Virtual yang didukung Kecerdasasn buatan, dan dikembangakan oleh Google. cara kerja Google Assistant yaitu dengan mengingatkankamu pada sebuah jadwal tertentu. dengan menyebutkan kalimat “Ok Google” dia akan memberikan informasi yang relevan untukmu. Pebisnis yang memiliki jadwal begitu padat, sering bertemu dengan banyak orang baru, meeting dan perjalanan jauh, akan merasa sengat terbantu dengan Produk Google Assistant yang satu ini, karena bisa menjadi pengingat sekaligus memberikan informasi secara singkat.

 

 

8. Google Keep (20 Maret 2013)

Google Keep adalah sebuah layanan dari Google sebagai Aplikasi Penulisan Catatan. Bisa diakses melalui Perangkat apapun, Google Keep diciptakan sebagai alat untuk untuk menulis catatan, teks, daftar gambar maupun audio. ini juga menjadi salah satu aplikasi Andalan bagi Para Pebisnis untuk membuat daftar kerja, berbagai agenda, to do list, catatan apa saja Target yang akan mereka capai dan Pencapaian yang sudah mereka capai dalam kurun waktu tertentu.

9. Google Meet (9 Maret 2017)

Apikasi berikutnya yang mampu meningkatkan Produktivitas Para Pebisnis adala Google Meet. Ini adalah layanan Komunikasi Video. Kehadiran Aplikasi ini sudah mengantikan Google Hangouts, sejak 2019 kemarin. Semua pengguna Google bisa melakukan Meeting, Bertemu dan Rapat secara online, dengan kapasitas peserta hingga 100 orang. Saat pandemi 2 tahun lalu, tepatnya tahun 2020, Google Meet menjadi Aplikasi komunikasi video kedua paling sering digunakan, setelah Zoom yang menduduki peringkat pertama.

 

10.  Google Dokumen (9 Maret 2006)

Google Dokumen adalah Aplikasi pembuat Catatan Antarmuka, sekaligus Aplikasi Pengolah Kata, yang diluncurkan oleh Google. Aplikasi ini bisa dianggap versi lebih kecil dan mudah dari Microsoft Word, yang menungkinkan kita untuk mengedit, membuat dan mengirimkan file secara online. Belum lama ini, Google juga telah memasukkan Google Keep kedalam salah satu Aplikasi G Suite, Sehingga bisa Terintegrasi dengan Google Dokumen. Hal ini mendukung Pengguna untuk menyimpan Catatan di Google, lalu mengadopsinya ke ke Google Dokumen.

Baca Lainya:  Jenis investasi properti yang perlu anda ketahui

 

11. Google Ads (23 Oktober 2000)

Google AdWords atau biasa disebut dengan Google Ads adalah salah satu Platform Online milik Google yang digunakan sebagai media Iklan bagi semua Bisnis di Dunia Internet. Dengan menggunakan Google Ads, Para Pebisnis bisa memanfaatkan semua fitur yang ada didalamnya. Termasuk, mengatur penempatan Iklan, pada mesin Pencari Google seperti yang Kita inginkan. Platform ini juga tersedia di dalam fitur Google Bisnisku. untuk meningkatkan Insight dan Penjualan.

 

 

 

12. Google SpreadSheet (9 Maret 2006)

Spreadsheet atau biasa disebut dengan Google Sheets adalah lembar Kerja berbasis Web yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini bisa dikatakan versi yang lebih ringan dari Microsoft Excel. dan memungkinkan Para Pengguna untuk membuat lembar kerja berupa Tabel, Perhitungan Sementara, Olah Data dan sebagainya. Selain di Perangkat PC, Google Sheets juga bisa digunakan di Smartphone. Hal ini mendukung Pengguna bisa Bekerja secara Fleksibel.

 

 

13. Google Formulir (6 Februari 2008)

Google Form adalah salah satu Perangkat Lunak Administrasi Survey. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur seperti, Mengumpulkan Informasi dari banyak Responden, untuk membuat Survey Pelanggan, Formulir registrasi Online, Formulir RSVP, Undangan Online, hingga Formulir Lamaran Kerja, semuanya bisa di sesuaikan sesuai Kebutuhan. di dalam Dunia Bisnis, Google Form digunakan untuk mencari Kandidat Tertentu yang sesuai dengan Kualifikasi Perusahaan.

 

Itulah beberapa Jenis Aplikasi Google berserta Fungsinya, yang umum digunakan oleh Para Pebisnis. Semoga Artikel ini Bermanfaat dan menjadi Berkah Bagi Kita Semua, Aamiin.

 

Latest posts by Denis Okta Kurniawan (see all)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.