Cara menggunakan internet dengan bijak


Jadiberkah.com – Cara Menggunakan Internet dengan Bijak.
Dengan internet Anda dapat terhubung dengan dunia luar bahkan ke wilayah yang tidak dapat Anda jangkau di dunia nyata. Begitu banyak pengetahuan yang bisa Anda dapatkan melalui internet, baik itu sains, ilmu sosial, bahkan tips dan trik untuk kehidupan pribadi Anda.

Semuanya sudah terbukti, bisa dilihat dari orang-orang di sekitar kita, mulai dari pelajar hingga pebisnis yang menggunakan internet.
Tetapi tidak semua efek positif yang dimiliki internet terhadap penggunanya. Tidak sedikit dampak negatif yang telah dikompres dari penggunaan internet, seperti bermain game yang berlebihan, menjadi jembatan untuk melakukan kejahatan, mencuri data penting orang lain, hingga hal-hal yang berbau pornografi yang sangat mudah diakses.

Semua itu kembali kepada setiap pengguna bagaimana Anda berniat saat menggunakan internet. Apakah itu baik atau buruk. Karena semua yang kita lakukan adalah tanggung jawab kita sendiri.
Tetapi, tidak ada salahnya mencegah hal-hal buruk terjadi pada kita. Kembali ke niat awal kami untuk menggunakan internet. Ada beberapa cara agar kita dan orang-orang di sekitar kita tidak terlalu terpengaruh oleh internet.

Baca Lainya:  Cara menjaga sistem keamanan TI

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Menggunakan internet tidak memiliki batasan, tetapi kita harus membatasi diri kita sendiri. Kustomisasi menggunakan internet sesuai kebutuhan kita, bukan untuk berlebihan. Sebagai contoh, sebagai siswa, kita dapat menggunakan internet sebagai gudang untuk buku-buku dalam bentuk digital dan mendapatkan informasi tentang pengetahuan yang lebih luas. Atau seorang pebisnis di mana internet menjadi tempat untuk berkomunikasi dan mempromosikan bisnisnya.

Baca Lainya:  Fakta tentang IPS dan teknologi antiglare di layar yang harus anda ketahui

Memiliki batas waktu

Terkadang saat menggunakan internet, kita bisa saja lupa waktu yang digunakan karena merasa nyaman dengan aktivitas yang kita lakukan dengan internet. Bahkan, tidak sedikit dari kita mengabaikan waktu yang telah terbuang dengan aktivitas kita ketika bermain dengan internet sehingga kita melupakan kegiatan lain yang lebih penting.
Terutama ketika kita sedang media sosial online menggunakan Instagram, Facebook, Twitter, Line, dan sebagainya selama jam kerja atau jam belajar. Jadi, berikan jadwal bagi Anda untuk menggunakan internet dan cobalah untuk tetap menggunakannya.

Baca Lainya:  Teknologi yang membuat mobil anda lebih nyaman

Melakukan kegiatan positif

Kunjungi situs yang memiliki konten yang bermanfaat dan berkualitas. Bergabunglah dengan forum di bidang favorit Anda dan berinteraksi dan bertukar pengetahuan. Dan tidak ada salahnya membagikan sesuatu yang kita tahu dengan pengguna internet lain di dunia ini. Tetapi jangan membagikan sesuatu yang sudah menjadi karya orang lain dan memberi cap bahwa itu milik kita, dan pastikan berita yang kita bagikan bukanlah hal buruk yang dapat merugikan orang lain.
Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua,amin

Kontributor / penulis: Jefri widiarta

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.