Cari Solusi,Yuk! Kenapa Tidak Bisa Instal Aplikasi di Play Store

Jadiberkah.com Layanan raksasa teknologi seperti Google memang memiliki beragam manfaat. Diantaranya ialah aplikasi-aplikasi yang penting untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, ada saja aplikasi yang tidak mampu terinstall secara sempurna. Kira-kira kenapa tidak bisa instal aplikasi di Playstore, ya?

Alasan kenapa tidak bisa instal aplikasi di Play Store ini salah satunya ialah memori ponsel Anda. Seringkali, ponsel canggih ber-RAM kecil juga tak mampu mengunduh aplikasi secara lancar. 

Dengan banyaknya kasus yang menghampiri pengguna. Anda harus tahu apa saja penyebab aplikasi tak dapat diinstal hingga menemukan solusinya. 

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Diinstal di Play Store

Salah satu penyebab tidak bisa instal aplikasi biasanya karena android yang digunakan sudah tua dan memori internalnya tidak cukup. Namun, bagaimana kalau memorinya masih banyak dan android yang digunakan juga bukan tipe handphone tua.

Baca Lainya:  Hari Raya Idul Fitri Setiap Tanggal 1 Syawal, Lebaran Umat Islam di Dunia

Kenapa tidak bisa instal aplikasi di Play Store? Mungkin ini salah satu penyebabnya:

Kesalahan dalam Penginstalan

Hal ini terjadi saat hp android sudah di root. Aplikasi yang sudah diinstal di direktori tertentu, ternyata tidak terpasang. Lalu diikuti pesan “Incorrect apk install location” muncul di layar android.

Error pada Sistem

Hal ini terjadi pada saat penginstalan, handphone tengah digunakan juga untuk keperluan tertentu. Kesalahan dalam penginstalan pun menjadi dampak dari sistem yang error tersebut.

Aplikasi Tidak Mendukung

Aplikasi yang hendak diinstal ternyata tidak didukung oleh sistem android dan play store. Lalu kalian mencoba menginstal di luar play store, sudah pasti aplikasi tidak akan muncul karena tidak kompatibel.

Baca Lainya:  Tahukah Anda Telegram Video Call Berapa Orang? Yuk Cari Tahu!

Cara Agar Bisa Instal Aplikasi di Play Store

Terapkan tips berikut agar bisa instal aplikasi di play store:

Restart Handphone

Coba restart handphone dan setelahnya Anda bisa kembali menginstal aplikasi yang diinginkan di play store.

Aktifkan Unknown Resources

Aplikasi mentah di luar google play store tidak akan bisa diinstal. Untuk menginstallnya, aktifkan terlebih dulu fitur Unknown re-sources. Setelah selesai menginstal, jangan lupa nonaktifkan kembali.

Periksa Kompatibilitas Versi Aplikasi

Kompatibel sistem sangat berpengaruh terhadap fungsi aplikasi, apakah bisa berjalan normal atau tidak.

Bagaimana kalau sudah semua cara di atas dilakukan tetapi kenapa tidak bisa instal aplikasi di play store? Mungkin Anda harus mereset ulang android tersebut. Namun, cara ini sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan semua data internal terhapus. Sebaiknya backup terlebih dahulu semua data di Android.

Baca Lainya:  Cara membersihkan AC dirumah sendiri dengan mudah

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.