Modal Usaha Sablon Kaos DTG, Peluang Usaha Baru Yang Menguntungkan!

Jadiberkah.com – Direct to garment atau biasa disingkat menjadi DTG adalah teknik penyablonan kaos terbaru. Alat yang dipergunakan dalam usaha ini berupa printer, yang termasuk modal usaha sablon kaos DTG. Printer tersebut sudah mengalami modifikasi menyeluruh sehingga bisa dimasukkan kaos. Serta tinta khusus untuk mewarnai kaos.

Hadirnya sistem DTG membuat penyablonan menjadi lebih mudah. Sebab tinggal menentukan gambar yang diinginkan lantas print kaos. Maka proses penyablonan pun selesai tanpa banyak langkah. Karena alasan praktis ini lah, sablon kaos dengan cara DTG semakin banyak diminati.

Mempersiapkan Modal Usaha Sablon Kaos DTG Bagi Pemula

Untuk tahap pemula, cukup menjalankan usaha ini di rumah dengan memanfaatkan garasi atau tempat lain. Karena tidak memerlukan tempat yang luas dalam kegiatan menyablon. Selain tempat, ada lagi modal usaha sablon kaos DTG yang harus dipersiapkan. Berikut modal untuk mengembangkan usaha tersebut.

Komputer dan Printer DTG 

Alat yang wajib ada berupa komputer untuk mencari atau mendesain gambar serta printer. Printer yang digunakan sama dengan printer kertas namun telah dirombak agar bisa untuk kaos. Penggunaan printer ini akan menghemat biaya dalam mencetak kaos karena lebih efisien. 

Hot Rie Gun

Memiliki bentuk yang sama seperti hairdryer rambut, yakni untuk mengerikan. Namun bedanya hot rei gun ini berfungsi untuk mengeringkan hasil cetak serta menjaga agar motifnya tidak melebar. Alat ini juga menjaga kualitas warna hasil print tetap nampak cemerlang. Cara penggunaannya adalah ketika kaos masih berada pada tatakan untuk segera dikeringkan. 

Mesin Press Kaos dan Kompresor

Mesin press berfungsi sebagai tahap akhir dari penyablonan. Setelah kaos selesai didinginkan, masukkan ke dalam mesin press. Ini bertujuan untuk menyatukan warna tinta sablon dengan serat kaos. Sedang kompresor bertugas untuk melapisi tinta textile agar lebih awet meski nanti kaos sering digunakan. Juga agar pori-pori pada kaos dapat menutup sempurna. 

Tiga peralatan ini adalah modal usaha sablon kaos DTG yang wajib dimiliki ketika ingin terjun ke bisnis sablon. Untuk permulaan memang membutuhkan dana cukup besar tetapi laba yang dihasilkan juga cukup banyak. Yang terpenting adalah ketekunan dalam usaha ini. Selamat berusaha. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.