Apa Saja Nama Bibit Sawit Unggul Yang Perlu Anda Keltahui

Jadiberkah.com – Kelapa sawit adalah salah satu komoditi tanaman yang banyak diminati masyarakat. Terutama masyarakat di negara-negara kawasan Asia Tenggara yang notebene memiliki lahan berupa perkebunan yang luas.

Adapun, kesuksesan dalam bisnis kelapa sawit tidak terlepas dari beberapa faktor, salah satunya adalah pemilihan bibit. Untuk menghasilkan kelapa sawit berkualitas diperlukan juga bibit yang unggul.

Nah, yang jadi pertanyaan, apa saja nama-nama bibit sawit unggul yang bisa anda pertimbangkan sebagai bibit yang akan ditanam pada lahan sawit anda di kemudian hari?. Berikut ulasannya.

 

Apa Saja Nama Bibit Sawit Unggul yang Perlu Diketahui ?

 

  1. Varietas Unggul Kelapa Sawit Kelompok SPF40

Jika orang bertanya, apa nama bibit sawit unggul? Maka salah satu jawabannya adalah jenis varietas kelapa sawit kelompok SPF40 ini. Misalkan seperti DxP PPKS 540, DxP Simalungun dan DxP Avros.

Semua jenis varietas-varietas tersebut merupakan hasil dari perkawinan Pisifera turun 540 murni milik PPKS. Dalam hal ini ada banyak sekali kelebihan-kelebihan dari jenis bibit satu ini salah satu kelomponya adalah bernama quick starter dengan lapisan tengah sawitnya cukup tebal dan juga memiliki serabut.

Baca Lainya:  Budidaya Ikan Hias yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Bahkan, ada banyak kandungan minyak didalamnya. Jenis varietas ini juga bisa beradaptasi di banyak lingkungan. Misalkan di lahan-lahan wilayah datar dan juga memiliki gelombang.

  1. Varietas Unggul Kelapa Sawit Turunan Yangambi

Jenis varietas unggul berikutnya adalah merupakan turunan dari Yangambi. Misalkan seperti DxP Yangambi, DxP PPKS 239 dan P PPKS 718. Semua jenis varietas tersebut memiliki cukup banyak kelebihan-kelebihan yang bisa didapatkan dari varietas yang satu ini.

Kelebihan tersebut diantaranya adalah memiliki berat tandan yang cukup besar. Kemudian juga ada rendeman minyak dan juga mesokarp dengan jumlah yang cukup besar dengan potensi CPO dan juga PKO yang jumlahnya bisa dikatakan lumayan besar dan juga tinggi tentunya.

Apalagi jika dibandingkan dengan jenis-jenis lain dari jenis kelompok Yangambi yang lainnya. Selain itu, jenis varietas unggulan yang satu ini juga sangat cocok untuk dikembangkan dalam industri pangan dan juga non pangan.

  1. Varietas Unggul Kelapa Sawit DxP Langkat

DxP langkat adalah sebuah varietas pertama yang memiliki PPKS dari adanya kombinasi-kombinasi dari banyak jenis yang cukup unggulan. Perlu anda ketahui bahwa ada juga beberapa jenis populasi psifera.

Baca Lainya:  3 Cara Budidaya Ikan Air Tawar Cepat Panen Raih Untung

Hasil kombinasi terebut diantaranya adalah seperti SP540, Yangambi, dan Marihat. Semua itu disilangkan dengan jenis ebrama Dura Deli yang paling bagus dan terbaik. Hasilnya didapatkan dari varoetas dengan jenis unggulan rachis dengan bentuk cukup kecil dan pendek. Namun, sangat bagus dan berkualitas.

Selain itu, ada juga potensi CPO yang mencapai angka sebanyak 8,3 ton/ha/tahunnya. Sangat cocok untuk ditanam dan dibudidayakan di wilayah bergelombang dan juga berbukit. Biasanya jenis tanaman varietas unggulan ini mampu untuk mulai berbuah pada waktu berumur 22 bulan setelah masa penanaman.

Hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan bagi orang-orang yang menanam jenis tanaman tersebut sebagai bagian dari tanaman yang mereka budidayakan.

Demikian sedikit uraian singkat yang dapat dijelaskan mengenai apa nama bibit sawit unggul? Dalam hal ini ada banyak sekali jenis-jenis tanaman unggulan dari jenis sawit itu. Semuanya memiliki keunggulan dan juga kelebihannya masing-masing.

Baca Lainya:  Mau Buka Usaha Bengkel? Yuk Cari Tahu Keuntungan Usaha Bengkel Motor

Hal itu tentu akan sangat menguntungkan bagi orang-orang yang menanam dan juga membudidayakannya bibit sawit unggul di wilayah sekitar tempat tinggal atau daerahnya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.