Setting Kamera DSLR Di Malam Hari

Setting Kamera DSLR Di Malam Hari

Setting Kamera Dslr Di MalamHari- Mengambil gambar di malam hari memang memiliki hal tersendiri, dan jika perangkatnya mendukung dan diambil oleh seorang profesional maka hasil jepretannya akan sangat menakjubkan. Memotret di waktu malam hari pun bisa dibilang mudah-mudah susah, terlebih memotretnya dengan kamera DSLR. Terlebih kalau penggunanya tidak begitu paham, sehingga bisa jadi jepretan kalian akan tampak blur atau gelap sama sekali.

Walau kendati demikian, sebenarnya ada beberapa cara untuk menyettingnya. Untuk kalian yang masih pemula, kalian tidak perlu khawatir mengenai hal ini, karena dengan menyettingnya kalian pasti bisa sukses mengambil objek gambar apapun walau di kondisi minim cahaya bahkan ketika malam hari sekalipun. Penasaran? Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Baca Lainya:  Kue Lebaran yang Sering Dihidangkan Saat Hari Raya

Aperture Wajib di Atur Ulang ke Angka yang Paling Tajam

Agar hasil pemotretan di malam hari dengan hasil sempurna, maka cara yang wajib dilakukan oleh Anda adalah, cobalah setting aperture-nya. Kabar baiknya, guna menghindari noise atau blur maka disarankan Anda perlu mengatur diafragma di dua jarak stop dari bukaan aperture terlebar. Contohnya saja, aperture kamera Anda f/2.8 maka Anda perlu mengatur diafragma paling tajam di angka f/5.6 dan f/8.

Sesuaikan Pengaturan White Balance Pada Kamera Anda

Fungsi SesuaikanPengaturan White Balance Pada Kamera?

Jika objek yang Anda bidik pada malam hari adalah kondisi perkotaan dengan banyak cahaya, maka hal yang harus Anda sesuaikan agar bidikan Anda di malam hari sangat indah adalah pengaturan White Balance.Coba sesuaikan pengaturan White Balance ke kisaran angka 3000 sampai 7000k saja. Dengan menyetel kisaran angka tersebut, dijamin bidikan Anda di malam hari akan indah.

Baca Lainya:  Dslr Murah Berkualitas

JanganMenaikkan Level ISO KameraAnda

Saatmemotret di malamhari, cobalahuntuktidakmenaikkan level ISO kameraAnda.Tempatkanpengaturan ISO padatitikterendah yang dimilikikamera DSLR Anda.Meningkatkan level ISO berartimeningkatkan noise danmengurangiketajamanobjek yang Andabidik.

GunakanFokusPendek

Saatmemotret di malamhari, cobagunakanlensa zoom denganpanjangfokuspendek.Soalnya, focal length yang panjangberpotensimenimbulkan blur akibatgetaran yang ditimbulkansaatmembidikobjek.

KurangiEfek Flare, CukupGunakanLensaSudutLebar

JikaAndamembidikpadamalamhari, biasanyaakanmunculefek flare. Apalagijikaobjek yang Andapotretdekatdengansumbercahayatertentu.Jadi, untukmengurangiefekini,gunakansajalensa wide angle.Penggunaanlensa wide angle akanmembuatobjekmemilikisudutpandang yang lebihlebardanjuga Depth of Field yang lebar. Sehinggaseluruhbagianbendadapatterlihatdenganjelasdancerah.

Baca Lainya:  Urutan Kamera Canon Terbaik Sampai Terendah

Cara Menggunakan Format RAW

Untukmendapatkanfototerbaiksaatmalamharicaranya format foto RAW dapatdiutak-atik, baikpengaturan white balance, brightness maupun contrast-nyatanpamenurunkankualitasgambartersebut.SekiancaraSetting kameradslr di malamhari. semogabermanfaatuntukanda,terimaksih.

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.