Setting Kamera Dslr Outdoor Siang Hari

Setting Kamera Dslr Outdoor Siang Hari

Setting Kamera Dslr Outdoor Siang Hari-  Kemampuan dalam dunia fotografi outdoor memang tidak kalah pentingnya dari fotografi indoor. Apalagi kalau kalian mempunyai hobi traveling, tentunya kalian akan mengabadikan momen yang terjadi di sekitar. Oleh maka dari itu, wajib sekali buat kalian mempelajari dan memahami seperti apa konsep fotografi outdoor dan bagaimana cara mensetting kameranya.

Hindari Sinar Matahari Secara Langsung Ketika Siang Hari

Pencahayaan yang alami memang menjadi teman paling baik pada saat mengambil sebuah gambar, namun bagi fotografi outdoor menghindari sinar matahari langsung di khususnya siang hari adalah pilihan tepat guna hasil maksimal. Mengapa? Karena, di sinar matahari tepat di atas kepala maka cahayanya akan sangat terang. Cahaya ini pun umumnya dibarengi dengan bayangan tajam. Jadi cara ini bisa dilakukan untuk kalian, pasalnya cara ini bisa menciptakan efek dramatis di sebuah foto Anda.

Baca Lainya:  Mengenal Kamera Prosumer dan Fungsinya

Tetap Gunakan RAW

Penggunaan format RAW bisa jadi cara paling tepat jika dibanding dengan menggunakan format biasa. Dengan itu, jika memungkinkan aturlah kamera Anda guna menangkap gambar dengan bentuk format RAW. Pada dasarnya dalam sebuah file di format RAW, adalah versi yang belum termodifikasi sama sekali dan dihasilkan langsung dari sensor kamera. Gambar dengan format ini pun memiliki banyak pixel jika dibandingkan dengan format JPG.

Baca Lainya:  Kiat Bagaimana Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Untuk itu kita harus menentukan daerah mana yang cocok. Di sana kami melakukan custom dengan menempatkan patokan. Tolak ukur dapat berupa kertas abu-abu atau putih. Setelah memotret, akurasi dilakukan dengan mengoreksi benchmark sehingga mirip dengan warna aslinya (dengan begitu bagian selain benchmark akan menyesuaikan).

Apaalasan white balance kadangkadangdibuattidaktepat?

PengaturanUmum White Balance

Kita berbicaratentangtemperaturwarnadalam white balance, yang sebenarnyabukanmasalahpanasataudingin. Mata kitaselalumelihatwarnadenganbenarselamaadacukupcahayakarenamatakitaselalumelakukankoreksitergantungdaricahaya yang tersedia.Namun, kameratidakbisasepertimatamanusia.Kameraperlu “diberitahu” tentang white balance danitusesuai.

Warnaterangdarimerahkeungu.Skala 0 derajat Kelvin sangatmerah, sedangkanskala 10.000 derajat Kelvin sangatungu.Jadi, cahayadarikuningkemerah, harus di bawah 5000K.Cahayabirukeunguharus di atas 5000K.Di kamerakitaterdapatkodeuntukpengaturan white balance yang sebenarnyaditujukanuntukmemudahkanpengaturan.Demikiansetting kameradslroutdoor siangharisemogabermanfaat,terimakasih.

Baca Lainya:  Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email yang Benar

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.