Apakah Uang Jaminan Lelang Bisa Kembali?

Bisnis – Lelang adalah transaksi jual beli barang dengan cara menawarkan kepada penawar. Uang Jaminan Penawaran Lelang adalah uang yang disetorkan ke Balai Lelang/Pusat Lelang atau Pejabat Lelang oleh calon Peserta Lelang sebelum pelaksanaan lelang sebagai persyaratan menjadi Peserta Lelang.

Mobil Lelang itu Apa?

Lelang mobil merupakan salah satu cara untuk mendapatkan mobil dengan harga terjangkau, termasuk merek mobil mewah. Pasalnya, mobil yang dijual melalui sistem ini biasanya berupa mobil bekas berupa mobil pribadi, mobil aset perusahaan, hingga mobil sitaan.

Sayangnya, masih belum banyak konsumen langsung yang tertarik untuk membeli dari pasar lelang mobil tersebut. Kebanyakan peminat mobil lelang adalah pedagang. Padahal kita bisa saja ikut serta dalam pasar lelang mobil murah secara online.

Bagaimana cara mengikuti lelang mobil online murah? Sekarang, mudah untuk mengikuti lelang berkat kemajuan teknologi. Anda dapat mengikuti lelang online melalui situs seperti Ibid atau JBA Indonesia. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengikuti lelang mobil.

  • Buka website lelang, lalu pilih kendaraan dan catat jadwal lelang.
  • Daftar atau daftar di situs tersebut.
  • Pembelian Nomor Peserta Lelang (NPL) sebesar Rp5 juta (sebagai DP), dapat dibayarkan melalui Virtual Account atau kartu kredit.
  • Pilih jadwal lelang yang sedang berlangsung, batas waktu tersedia.
  • Ikuti proses lelang kendaraan. Nah, Anda bisa langsung menawar secara online sesuai keinginan.
  • Jika Anda memenangkan lelang, lunasi sisa pembayaran maksimal 5 hari setelah lelang. Jika kalah, DP akan dikembalikan 100 persen dalam waktu maksimal 3 hari kerja.
  • Peserta dapat mengambil kendaraan dan dokumen setelah membayar.
Baca Lainya:  Langkah Persiapan Pensiun Yang Perlu Anda Ketahui

Lelang JBA itu Apa?

Lelang JBA merupakan tempat jual beli kendaraan dengan sistem lelang. PT JBA Indonesia merupakan balai lelang otomotif yang memiliki visi menjadi forum jual beli kendaraan terpercaya di Indonesia. Lelang JBA memang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia karena menjadi salah satu cara untuk memiliki mobil idaman dengan harga murah.

Bagaimana cara mengikuti lelang JBA? Sebelum Anda mengikuti lelang untuk mendapatkan mobil atau motor idaman, Anda harus mengetahui ketentuan lelang JBA berikut ini.

Pertama, Anda harus mendaftar melalui website resmi JBA. Setelah itu, Anda sudah bisa melihat pengecekan unit kendaraan yang akan dilelang.

Baca Lainya:  Jasa pembuatan kusen pintu dan jendela di karawang

Biasanya juru lelang kendaraan akan memberitahukan jenis kendaraan apa saja yang akan dilelang saat open house. Saat open house, pastikan Anda mengecek unit kendaraan secara detail karena jika sudah selesai, Anda tidak bisa mengecek unitnya.

 

Tips Berpartisipasi dalam Lelang JBA

Lebih Banyak Pilihan

Salah satu keuntungan mengikuti lelang JBA adalah Anda dapat memilih jenis kendaraan dengan harga murah dengan berbagai kondisi unit kendaraan.

Tersedia Kendaraan Truk atau Bus

Menariknya, di lelang JBA ini, Anda juga berkesempatan mendapatkan truk atau bus. Jadi Anda tidak hanya bisa mengikuti lelang mobil atau motor saja.

Periksa Kondisi Kendaraan

Hal utama dan wajib dilakukan untuk membeli kendaraan lelang adalah mengecek kondisi kendaraan secara langsung. Pastikan Anda mengecek kondisi dan menyesuaikan kendaraan dengan dokumen.

Periksa Keaslian Dokumen Kendaraan

Setelah itu, Anda harus mengecek kondisi kendaraan yang diinginkan sebelum sesi lelang berlangsung. Jadi Anda bisa mengecek kendaraan mulai dari mesin kendaraan, BPKB, tahun pajak, dan nomor mesin kendaraan.

Baca Lainya:  Alasan Seseorang untuk Pensiun Dini

Cek Harga Pasar

Jangan terlalu terburu-buru untuk mengikuti lelang kendaraan. Anda harus mengecek harga pasaran kendaraan yang diinginkan secara online. Bandingkan harga ini dengan daftar harga kendaraan yang akan dilelang.

Apa Lot di Lelang?

Lot adalah nomor urut atau deretan unit barang yang akan dilelang. Misalnya mobil Toyota Fortuner tersedia di lot 6. Jadi, jika ingin mengikuti lelang Toyota Fortuner, harus menunggu lot 6 datang terlebih dahulu.

karyono

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.